Makna dan Faktor Mengapa Kendi Diletakan di Atas Makam


Kematian tidak bisa dihindari setiap mahkluk hidup yang ada dialam semesta ini semua yang ada dunia akan kembali kepada sang pencipta alam semesta ini. Bahakn malaikat penjabut nyawa juga akan meninggal. Nah dengan hal ini tidak ada yang perlu kita sombongkan, baik harta, tahta, ataupun yang lainya.

Nah kali ini admin bukan untuk membahas kematian ya, melainkan adat dari kematian tersebut. Setiap prosesi kematian pasti akan ada hal unik yang akan kita jumpa yang tentu disetiap daerah memiliki perbedaan masing-masing.
Makna dan Faktor Mengapa Kendi Diletakan di Atas Makam

Begitu juga dijawa yang masih kental dengan adat serta budaya, kematian menjadi prosesi yang cukup skral ditanah jawa. Baik dalam pemakamanya maupun setelah kematiannya, jika adat ini ditelah mentah-mentah tentu akan menjadi salah kaprah. Seperti yang telah kata sebelumnya setiap tindakkan budaya pasti akan terselip sebuah makna yang baik dimanapu itu budanya.

Pasti kalian pernah meilihat makan yang diatasnya ada kendinya? Ya untuk orang jawa tentu tidak akan asing lagi dengan sebutan kendi, kendi merupakan tempat air minum yang terbuat dari tanah liat. Lalu untuk apa sih kendi itu diletakan di atas makan?

Ada yang berdampat ini mohon maaf bukan bermaksud apa-apa ( orang mati kok dikasih air minum, emang bisa orang mati butuh minum?) nah beginilah jika budaya ditelan mentah-mentah. Tentu hal ini ada beberapa faktor dan maknanya.

Jadi inilah alasan mengapa kendi diletakan diatas makan.

Faktor-Faktor penyebabnya Kendi Diletakan di Atas Makam.

1. Letak Makan yang Jauh
Pada jaman dahalu letak makan dari pemukiman cukuplah jauh berbeda seperti sekarang yang berdampingan langsung dengan desa. Letak yang cukup jauh memungkinkan  kehausan  ditengah jalan, dengan demikian orang yang mengiring jenazah membawa kendi untuk bekal air minum. Ya Memang saat itu hanya kendilah tempat air minum.

2. Untuk Menyeriam Tanah
Lo kenapa kok tanah disiram? Tanah setelah digali pasti akan mudah longsor terlebih dibawah makom itu kosong, dengan hal ini lah tanah disiram agar menjadi kuat, kalo kata orang jawa agar tidak jugrok/ambrol.
Makna dan Faktor Mengapa Kendi Diletakan di Atas Makam

3. Untuk Menyiram Bunga
Kebanyakan orang berziarah membawa bunga yang akan ditaburkan diatas makam yang dituju, air akan cukup berguna agar bunga yang ditaburkan tidak mudah layu jika sewaktu-waktu ingin datang berziarah sudah ada air untuk menyeirami bunga tanpa repot-repot membawa atau mencari air lagi. Untuk alasan kenapa bunga ditaburkan dimakam akan kita bahas pada artikel selanjut ya.

Makna Mengapa Kendi Diletakan diatas Makam.
Kendi dibuat dari tanah yang didalamnya terdapat air, nah begitu juga manusia yang terbuat dari tanah dan air hal ini bermakna untuk mengingkatkan akan jati diri kita yang sewaktu-waktu akan kembali menjadi tanah (Mati).
Makna dan Faktor Mengapa Kendi Diletakan di Atas Makam

Ada yang mengatan Kendi singkatan dari Kendali Diri lalu apa maknanya kita sebagai menusia harus bisa menahan diri dari godan-godaan yang akan menjerumuskan ke arah kesesatan, makan dari kendali diri juga cukup luas yang tentu mengedalikan diri hawa nasfu angkoro.

Nah itulah penjelan singkat mengenai Kendi yang diletakan diatas makam, jika masih ada faktor lain atau makna lain yang anda ketahui anda bisa menulisnya dikolom komentar dibawah agar bisa bermnafaat untuk orang lain.

0 Response to "Makna dan Faktor Mengapa Kendi Diletakan di Atas Makam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel