Inilah Cara yang Benar Untuk Mendidik Murid yang Nakal


Sekolah merupakan tempat menimba ilmu untuk anak muda, disana banyak terjadi kultur perbedaan. Tidak rasanya jika disekolah tersebut memiliki latar belakang yang sama pastilah berbeda-beda, itu menjadi salah tantang dari tenaga pelajar mampu atau tidak sitenaga pelajar tersebut membimbing banyak orang dengan latar belakang berbeda.

Sebelum menjadi tenaga pekajar pasti ada prosesnya terlebih dahulu, dalam proses tersebut tenaga pengejar/guru diberikan gemblengan diantranya materi yang akan diajarkan, pengantar pendidikan dan psikologi pendidikan, dengan demikian guru akan mengetahui apa saja dibutuhkan simurid. Tapi terkadang tenaga pengejar sering lalai akan kultur yang terjadi di lingkungan sekolah.
Inilah Cara yang Benar Untuk Mendidik Murid yang Nakal

Berdirinya pendidikan itu sendiri untuk menolong, mencedaskan, dan mengarahkan jadi jika unsur ketiga tersebut hilang tidak bisa artikan dengan yang namanya pendidikan. Sebelum kita masuk keranah pendidikan Formal kita terlebih dahulu menganyam pendidikan Non Formal, yang pertama adalah masyarakat.

Menurut saya priibadi mohon maaf jika ini agak menyinggung, karna saya juga pernah sekolah jadi saya juga pernah merasakan. Pnedidikan adalah tempat dimana kenakalan remaja dimulai, terlebih bagi anak yang memiliki latar belakang masalah pasti tau lah. Bagaimana tidak disitu kita menemukan hal baru yang membuat hati kecil kita penasaran. Banyak anak yang setelah sekolah menjadi anak yang sedikit menganan berbeda dengan sebelum dirinya sekolah.

Seorang siswa bisa menjadi tolak ukur seberapa perhatian sih sekolahan tersebut? Apakah hanya sekedar menyampaikan materi lalu selesai ebtah paham atau simurid dianggap selesai adalah satu dua disekolahan pasti ada. Guru memang bukan pekerjaan yang mudah jika dia menganggap guru adalah sebagai pekerjaan, tapi jika dia menganggap guru adalah sebagai pengabdian terhadap masayarakat maka menjadi guru akan menyenangkan.
Inilah Cara yang Benar Untuk Mendidik Murid yang Nakal

Lalu bagaimana mengatasi murid yang nakal, sedikit curhat ya saya dulu juga tergologn murid yang sangat bandel ada beberapa factor yang menyababkan hal tersebut namun ini rahasi lo ndak usah kepo, jadi secara tidak langsung saya tau apa saja yang dibutuhkan murid yang nakal tersebut. Apakah hukuman yang keras? Tentu tidak. Apakah suruh mendorong bumi? Tidak ada manfaatnya? Lalu apa?

1. Ketahui Latar Belakang Simurid

Setiap murid memiliki latar belakang yang berbeda-beda, baik dari golongan sikaya dan simiskin menjadi satu diruang lingkup sekolah, terkadang pun murid juag memiliki masalah yang tidak bisa dia ungkapkan ini yang menjadi salah satu PR guru. Tidak serta merta orang nakal itu bawaan ya!
Cara Mendidik Murid yang Klewat Nakal

Jika ada murid yang salah hanya dihukum dan hukum sedangkan simurid ada masalah tidak akan mungkin kenakalan tersebut akan hilang yang ada malah si murid tersebut akan lebih memberontak. Jangan seta merata menyalah kenakalan jadi cari dulu apa penyebabnya simurid tersebut menjadi bringas, ingat pendidikan datang untuk menolong.

2. Jangan Selalu disalahkan

Menjadi tenaga pengajar memanglah harus mempunyai hati yang cukup sabra, kata orang jawa “ Dowo Ususe” yang orang jawa pasti taulah makna tersebut yang bukan orang jawa bisa ditanyakan dengan teman jawanya. Disetiap kelas pasti ada murid yang susah untuk paham dan sering disalahkan oleh sitenaga pengajar kalau tidak disalahkan ya dibiarkan saja tanpa ada tidak lanjut yang pasti. Lalu bagaimana simurid akan paham jika tersu-terus digitukan?
Cara Mengatasi Anak didik yang Nakal

Daya tanpung otak manusia memiliki kapasitas yang berbeda-beda, memang memiliki volume yang sama, tapi ingat ya apakah volume tersebut hanya akan terjejalkan dengan dengan materi tersebut? Ah tentu tidak, terkadang sebelum masuk sekolah volume otak tersebut telah penuh dengan hal yang memang terlalu penting untuk dirinya. Jadi tidak sepantasnya jika tenaga penganjar menyalahkan murid didiknya. Pendidkan hadir untuk membenarkan apa yang telah salah, melengkapi apa kurang agar bangsa ini menjadi bangsa besar!

3. Minat dan Bakat si Murid

Murid juga akan jenuh jika mempelajari apa yang tidak ia minati, pastilah semua penbaca disini udah taulah, bahkan dulu sebelum menjadi guru pernah merasakan ini hehe, lalu apa yang perlu dilakukan memberi materi memang tetep harus dilakukan karna itu yang pokok. Sebaiknya sekolah memberikan wadah untuk menampung aspirasi siswa, dengan demikian si murid tidak akan jenuh dengan sekolahan. Dengan hal tersebut sekolah juga kan menciptakan bibit unggul untk mengangkat nama sekolah. Sayangnya hal seperti hanya terdapat pada sekolah-sekolah favorit saja.

4. Perhatian Khusus

Menurut saya murid nakal adalah menjadi beban bagi sekolahan, padahal itu adalah sebagai tentangan bagaimana caranya agar murid nakal itu menjadi baik kembali layaknya murid yang lain, tidak harus semua namun sebagaian saja sudah baik kok. Perhatian akan terlontar pada murid-murid yang pandai saja murid yang memiliki pemikiran dibawahnya akan terbaikan miris buka?
Cara Mengatasi Murid yang Bandel

Jika hal tersebut terus berlangsung murid yang berkembang hanya itu-itu saja yang lain hanya menjadi pelengkap saja! Jadi saya mohon yang namanya murid itu sama saja baik yang nakal dan tidak, pandai atau tidak itulah adalah seperti anak anda yang akan membawa martabat seorang guru.

Mungkin itu saja sudah lenih dari cukup masih ada yang kurang anda bisa menambahk pada kolom komentar agar yang lain bisa tahu dan saya mohon maaf jika banyak bahasa yang kurang berkenan. Semoga kita semua bisa menjadi guru yang baik mampu menjadi pencerdas bangsa dan membawa bangsa ini menjadi bangsa yang besar tanpa ada diskriminasi terhadap yang lain. Sekian dari saya Terimakasih.

0 Response to "Inilah Cara yang Benar Untuk Mendidik Murid yang Nakal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel