Tokoh-Tokoh Pada Masa Kerajaan Hindu-Buddha


Tokoh-Tokoh Sejarah pada Masa Kerajaan Hindu

Terdapat banyak tokoh sejarah pada masa kerajaan Hindu dari berbegai kerajaan yang ada. Tokoh-tokoh tersebut, antara lain sebagai berikut.

Tokoh-Tokoh Sejarah pada Masa Kerajaan Hindu


Raja Mulawarman
Raja Mulawarman adalah raja dari kerajaan Hindu pertama di Indonesia yaitu Kerajaan Kutai. Selama masa pemerintahannya, rakyat Kerajaan Kutai hidup makmur dan sejahtera. Pada masa kepemimpinannya agama Hindu berkembang pesat di Kerajaan Kutai karena ia memiliki hubungan baik dengan kaum brahmana.

Raja Pumawarmarn
Raja Purnawarman adalah raja yang membawa kejayaan di Kerajaan Tarumanegara. Beliau dikenal sebagai raja yang bijaksana. Di bawah kepemimpinannya, Kerajaan Tarumanegara dan rakyatnya hidup dengan makmur dan sejahtera, bahkan mereka berhasil membangun saluran air unuk pangairan serta pencegahan banjir, seperti yang ditulis dalam Prasasti Tugu.

Tokoh-Tokoh yang Berperan pada Masa Kerajaan Hindu


Airlangga
Arilangga adalah raja yang sangat terkemuka dari Kerajaan Medang Karmulan yang kemudian kerajaan tersebut dipecah menjadi dua yaitu Kerajaan Jenggala dengan ibu Kota Kahuripan dan Kerajaan Kediri dengan ibu kota di Daha. Airlangga memerintah pada tahun 1019-1049. Airlangga. sebenarnya putra raja Bali. Airlangga dijadikan menantu oleh Raja Darmawangsa yaitu raja Kerajaan Mataram Kuno. Nama Airlangga sebenarnya merupakan gelar yang diterima karena ia berhasil mengendalikan air Sungai Brantas sehingga bermanfaat bagi rakyat. Airlangga merupakan salah satu raja besar dalam sejarah Indonesia. Dalam patung-patung lama, Airlangga sering digambarkan sebagai penjelmaan Wisnu yang mengendarai garuda.

Jayabaya
Jayabaya merupakan raja terbesar dari Kerajaan Panjalu atau Kediri. Selain sebagai raja, Jayabaya juga terkenal sebagai peramal. Salah satu ramalan yang sangat tersohor bernarma Jangka Jayabaya yang berisi ramala-ramalan tentang nasib Pulau Jawa. Keberhasilan dan Jayabaya dapat dilhat dari hasil sastra pada masa pemerintahannya. Atas perinyahnya, pujangga-pujangga Keraton berhasil menyusun kitab Baratayudha. Kitab ini ditulis oleh Empu Sedah dan diselesaikan oleh Empu Panuluh. Penulisan kitab Baratayudha dimaksudkan untuk mengabadikan kebesaran raja dan memperingati kememangan-kermenangan Raja Jayaaya.

Tokoh-Tokoh yang Berperan Penting pada Masa Kerajaan Hindu


Ken Arok
Ken Arok adalah pendiri Kerajaan Singasari yang menjadi ckal bakaĆ­ raja-raja Majapahit.

Raden Wijaya
Raden Wijaya adalan pendiri dan raja pertama Kerajaan Majapahit. Raden Wijayabergelar Kertarajasa Jayawardhana. Sebelum menjadi raja, Raden Wijaya adalah pemimpin tentara Kerajaan Singasari.

Raja Hayam Wuruk
Raja Hayam Wunk adalah raja Majapahit yang paling terkenal. la bergelar Sri Rajasanegara. Pada masa pemerintahannya dengan didampingi oleh Patih Gajah Mada, Kerajaan Majapahit Mencapai kejayaannya dan berhasi menguasai seluruh wilayah Nusantara, ditambah Tumasik (Singapura), dan Semenanjung Malaya.

Hayam Wuruk dikisahkan dalam kitab Negarakertagama yang disusun oleh Empu Prapanca sihingga namanya sangat terkenal dalam sejarah Indonesia. Salah satu peristiwa penting ketika Hayam Wuruk berkuasa adalah kemenangan Majapahit dalam pertempuran melawan kerajaan Sunda (Pajajaran) tahun 1351.

Tokoh-Tokoh Sejarah pada Masa Kerajaan Hindu-Buddha


Gajah Mada
Gajah Mada adalah patih mangkubumi (mahapatih) Kerajaan Majapahit. Namanya mulai dikenal Setelah beliau berhasil memadamkan pemberontakan Kuti. Pada tahun 1328 Raja Jayanegara wafat dan digantikan oleh Tribhuwanatunggadewi. Pada masa pemerintanan Tribhuwanatunggadewi terjadi pemberontakan yang dilakukan oleh Sadeng. Pemberontakan Sadeng dapat ditumpas oleh pasukan Gajah Mada. Atas jasanya, Gajah Mada diangkat menjadi mahapatih Majapahit pada tahun 1334.

Pada upacara pengangkatannya sebagai mahapatih, Gajah Mada bersumpah untuk menyatukan seluruh Nusantara di bawah kekuasaan Majapahit. Sumpah itu dikenal dengan nama Sumpah Palapa. Gajah Mada tetap menjadi patih mangkubumi ketika Hayam Wuruk naik takhta. Gajah Mada mendampingi Hayam wuruk menjalankan pemerintahan dan pada masa itulah Majapahit mengalami masa kejayaan.

Raja Kertanegara
Kertanegara merupakan raja terakhir dari Kerajaan Singasari yaitu cicit Ken Arok yang memerintah tahun 1268-1292. Kertanegara bergelar Maharajadiraja Sri Kertanegara Wikrama Dharmattunggadewa. Kertanegara adalah raja yang sangat terkenal, baik dalam bidang politik maupun keagamaan. Dalam bidang politik, Kertanegara dikenal sebagai raja yang menguasai ilmu ketatanegaraan dan mempunyai gagasan memperluas wilayah kerajaannya. Ketika Kertanegara memerintah, Kerajaan Singasari sempat menguasai Sumatra, Bakulapura (Kalimantan Barat), Jawa Barat (Sunda), Madura, Bali, dan Gurun (bagian Indonesia Timur). Pada tahun 1275 Kartanegara mengirim pasukannya untuk menaklukan Kerajaan Sri Wijaya (Ekspedisi Pamalayu).

Tokoh-Tokoh Sejarah pada Masa Kerajaan Buddha

Setelah kita mengenal beberapa raja yang pernah memimpin pada masa Hindu sekarang kita beralih masa kerajaan Buddha. Berikut adalah tokoh sejarah masa kerajaan Budhha.

Raja Balaputradewa
Raja Balaputradewa merupakan raja Kerajaan Sriwijaya yang berhasil membawa Kerajaan Sriwijaya mencapai kejayaannya dan dikenal sebagai kerajaan maritim serta pusat perdagangan di Asia Tenggara. Kerajaan Sriwijaya juga dikenal sebagai pusat pendidikan dan penyebaran agama Buddha. Beliau berasal dari keluarga Syailendra yang berkuasa di Pulau Jawa.

Tokoh-Tokoh Sejarah pada Masa Kerajaan Buddha


Sakyakirti
Sakyakirti merupakan seorang mahaguru agama Buddha yang ada di Kerajaan Sriwijaya. Menurut kesaksian -Tsing, Sriwijaya telah menjadi pusat pendidikan agama Buddha. Di sana ada lebih dari seribu pendeta yang belajar agama Buddha. Diperkirakan di Sriwijaya sudah berdiri sebuah perguruan Buddha. Perguruan ini mempunyai hubungan baik dengan perguruan Buddha yang ada di Nalanda, India.

0 Response to "Tokoh-Tokoh Pada Masa Kerajaan Hindu-Buddha"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel