Persebaran Flora di Indonesia

Ketampakan Alam Kaitannya dengan Persebaran Flora dan Fauna
Indonesia merupakan negara yang kaya dengan flora dan fauna. Hal itu disebabkan oleh letak geograftis Indonesia di antara dua samudra dan dua benua. Flora yaitu tumbuhan dan fauna yatu hewan Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia dipengaruhi oleh bentang alam yang ada.

Persebaran Flora di Indonesia


Persebaran Flora di Indonesia

Jenis flora yang tumbuh di Indonesia dipengaruhi oleh iklim, letak ketinggian tempat, dan kesuburan tanah. Apabila ditinjau berdasarkan letak ketinggian daerah, terdapat beberapa jenis tanaman yang tumbuh di Indonesia. yaitu sebagai berikut.

Ketinggian di atas 2.500 meter
Pada daerah dengan ketinggian di atas 2.500 meter di atas permukaan air laut memiliki suhu udara yang sangat dingin. Pada daerah ini tanaman yang biasa tumbuh adalah lumut dan semak, tanaman perkebunan tidak dapat hidup pada daerah ini.

Pembagian Flora di Indonesia


Ketinggian 1.500-2.500 meter (sejuk)
Pada daerah dengan ketinggian 1.500-2 500 meter tanaman yang biasa tumbuh dengan baik adalah mahoni. pinus, dan sayuran

Ketinggian 700-1.500 meter
Pada daerah dengan ketinggian 700-1.500 meter di atas permukaan laut memiliki suhu udara yang sedang sehingga tanaman yang pada umumnya tumbuh dengan baik di daerah ini adalah teh, kopi, kina, sayuran, cokelat, dan karet

Ketinggian di bawah 700 meter
Pada daerah dengan ketinggian di bawah 700 meter di atas permukaan laut cenderung memillki suhu udara yang panas sehingga tanaman yang pada umumnya tumbuh dengan baik adalah jagung. padi, palawija, cokelat, tebu, dan kelapa.

Adapun jika ditinjau berdasarkan jenisnya, flora di Indonesia dapat dibedakan menjadi hutan bakau, hutan rawa. hutan musim, hutan hujan tropis, dan sabana

Hutan Bakau/Mangrove
Hutan bakau pada umumnya tumbuh di daerah pantai yang landai. Hutan bakau dapat ditemui di pesisir pantai Pulau Papua, di pesisir pantai Pulau Kalimantan, dan di beberapa pesisir pantai timur Pulau Sumatra.

Penyebaran Flora di Indonesia


Hutan Rawa
Hutan rawa terdapat di daerah rawa yaitu di pantai timur Sumatra, di pantai Kalimantan Tengah, dan pantai Kalimantan Barat

Hutan Musim
Hutan musim adalah hutan yang pada musim hujan biasanya tumbuh subur, sedangkan pada musim kemarau daunnya meranggas. Hutan musim dapat ditemui di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kepulauan Nusa Tenggara.

Hutan Hujan Tropis
Hutan hujan tropis adalah hutan yang terdapat di daerah tropis dan mempunyai curah hujan yang tinggi. Hutan hujan tropis kaya akan jenis tumbuhan. Hutan hujÄ…n tropis dapat dijumpai di Pulau Sumatra. Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Penyebaran Flora di Indonesia, Pembagian Flora dan Fauna di Indoneisa


Sabana
Sabana merupakan padang rumput yang sangat luas dengan diselingi tumbuhan semak belukar. Daerah ini cocok untuk kegiatan peternakan. Sabana dapat dijumpai di Madura dan Nusa Tenggara.


Untuk mengetahui jenis-jenis flora dan persebaranya di Indonesia, perhatikan tabel dibawah ini.


PROVINSI FLORA
Nanggroe Aceh Bunga Jeumpa
Sumtra Utara Bunga Kenanga
Sumtra Barat Pohon Andalas
Riau Nibung
Jambi Pinang Merah
Sumtra Selatan Duku
Bengkulu Bunga Suweg Raksasa
Lampung Bunga Askar
Jakarta Salak Condet
Jateng Bunga Kantil
Jatim Bunga sedap malam



Terdapat beberapa yang ileh pemerintah ditetapkan sebagai lambing. Antara lain sebagai berikut.
1. Bung Melati sebagai puspa bangsa
2. Bunga Anggrek sebagai puspa pesona
3. Bunga Rafflesia amoldi sebagai puspa langka

0 Response to "Persebaran Flora di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel