Organisasi di Lingkungan Masyarakat


Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Setelah kita mengulas pengertian organisasi, unsur-nsur organisasi, dan organisasi sekolah kita akan berlanjut membas Organisasi di Lingkungan Masyarakat. Sebelum kita mengenal sekolah kita belajar melalui masyarakat sekitar kita atau sering kita sebut pendidikan Non Formal. Apa saja sih yang kita dapat dari lingkungan masyarakat? Tentu banyak sekali  seperti Norma-norma yang ada dimasyarakat, menaati peraturan dimasayarakat, DLL. Maka dari itu sangat penting kita mengikuti organisasi masyarakat. Setelah kita dewasa kita akan mengikuti organisasi di masyarakat yang dinamakan Karang Taruna, karang taruan adalah sebuah wadah utuk remaja-remaja yang ada didesa demi mamajukan desa setempat.



Saat kita mengikuti karang Organisasi di Lingkungan Masyarakat taruna sangat banyak yang kita pelajari seperti kerja sama dan musyawarah untuk mendapatkan tujuan bersama. Kegiatan yang sering dilakukan oleh karang taruna antara lain membersihkan desa, membuat progam-progam, bantuan untuk yang tidak mampu dan masih banyak lagi. Untuk lebih lanjutnya kita akan mengulas dengan rinci dibawah ini.

Organisasi di Lingkungan Masyarakat

Di masyarakat terdapat berbagai macam organisasi yang jenisnya lebih banyak dari organisasi organisasi yang ada di sekolah. Organisasi yang ada dalam masyarakat dibentuk guna meningkatkan kesejahteraan anggota masyarakat itu sendiri. Tiap-tiap orang bisa memilih organisasi yang paling tepat menurut kepentingannya masing-masing.

Salah satu tujuan berorganisasi adalah mempermudah setia orang dalam melaksanakan tugas demi tercapainya tujuan tertentu sehingga dengan aktif berorganisasi, seseorang berharap dapat lebih mudah mewujudkan harapannya.

Organisasi-organisasi yang ada di lingkungan masyarakat biasanya dibentuk dan dilaksanakan oleh warga di lingkungan tersebut. Ada juga organisasi yang dibentuk untuk mewadahi orang-orang yang memiliki profesi dan kepentingan yang sama. Susunan kepengurusan di dalamnya disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut adalah organisasi yang ada di lingkungan masyarakat.

Organisasi Sosial
Organisasi sosial merupakan organisasi yang mengatur sistem hubungan antarorang dan antarkelompok berdasarkan jenis kegiatan dan pembagian fungsional untuk menyelesaikan kewajiban bersama di masyarakat. Contoh organisasi yang termasuk organisasi sosial antara lain RT (rukun tetangga), RW (rukun warga), dan karang taruna.

Organisasi Massa
Organisasi massa merupakan organisasi berbasis massa yang tidak bertujuan politis. Bentuk organisas ni chgunakan sebagai lawan dari istilah partai politik. Omas dapat dibentuk berdasarkan Deberapa kesamaan atau tujuan, misalnya agama, pendidikan, dan sosial.

Organisasi yang Ada di Lingkungan Masyarakat


Organisasi Profesi
Organisasi profesi merupakan sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan protesi. Contoh organisasi profesi antara lain PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), DI {kalan Dokter Indonesia), dan PWi (Persatuan Wartawan indonesia).

Organisasi Politik
Organisasi potitik merupakan suatu perkumpulan yang bersitat politis serta mempunyai pandangan politik dan tujuan sama yang dipakai untuk masyarakat umum. Contoh organisasi ini adalah partai politik.

Organisasi Antar pemerintah
Organisasi antarpemerintah merupakan organisasi yang anggotanya terdiri dari utu┼čan pemeintah resmi. Contoh organisasi ini adalah PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Organisasi Non pemerintah
Organisasi nonpemerintah merupakan organisasi persekutuan antarlembaga swasta yang mengabdikan diri di bidang agama, ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan kemanusiaan, baik yang berorientasi secara teknik maupun berorientasi secara ekonomi. Contoh organisasi ini adalah LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat).

Mungkin ini lah yang paling dari yang terpenting dari dasar kita beroganisasi, mari kita simak sekmsama agar kita dapat lebih memahami makna dari organisasi masyarakat.


Rukun Tetangga (RT)
RT dibentuk oleh warga masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut. Pembentukan RT bertujuan membantu warga dalam urusan-urusan administrasi, misalnya pembuatan KTP, KK, dan lain-iain. Selain itu, RT juga dibentuk agar suasana kehidupan di wilayah tersebut dapat berjalan tertib dan aman. Oleh karena itu, dalam RT ada aturan-aturan tertentu yang harus dilaksanakan oleh warga yang bersangkutan, misalnya dengan adanya kewajiban lapor jika ada tamu yang berkunjung cukup lama. Hal ini bertujuan agar dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, contohnya masuknya warga yang tidak dikenal, terjadinya pencurian, dah lain-lain.

Organisasi di Lingkungan Masyarakat


RT juga memiliki susunan kepengurusan yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara. Antara pengurus dan warga harus terjalin kerja sama yang baik untuk mewujudkan tujuan bersama, yaitu masyarakat yang aman, tertib, dan sejahtera. Selain itu, untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut, semua warga masyarakat harus menaati peraturan-peraturan yang telah disepakati bersama.

Rukun Warga (RW)
Rukun warga merupakan gabungan dari beberapa RT. RW dibentuk untuk melayani kebutuhan warga masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut. Seperti halnya AT, RW juga memiliki susunan pengurus. Ketua RW dipilih oleh ketua-ketua AT atau perwakilan dari warga RT yang tergabung dalam wilayah RW tersebut.

Desa/Kelurahann
Desa/kelurahan adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yurisdiksi. Desa/kelurahan mempunyai wewenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dibentuk dalam sistem pemerintahan nasional dan berada di wilayah kabupaten atau kota.

Pemerintahan desa dipimpin oleh seorang kepala desa yang dipilih oleh masyarakat setempat. Dalam melaksanakan tugas-tugasnya dibantu oleh beberapa perangkat desa. Masa jabatan kades adalah enam tahun dan selanjutnya dapat dipilih tagi untuk satu kali masa jabatan.

Adapun kelurahan dipimpin oleh seorang lurah yang diangkat oleh bupati/wali kota atas usulan dari camat. Sama seperti seorang kades, seorang lurah juga dibantu oleh perangkat kelurahan untuk memperlancar tugas-tugasnya.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD)
BPD merupakan lembaga yang dibentuk dengan tujuan membantu penyelenggaraan pemerintahan desa. Fugas-tugasnya antara lain menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, menyusun anggaran pendapatan dan belanja desa, serta membuat dan melaksanakan peraturan desa.

Karang Taruna
Karang taruna merupakan organisasi daam lingkup desa atau kelurahan yang beranggotakan para pemuda remaja yang tinggal di suatu wilayah. Fungsi dari karang taruna adalah mewadahi berbagai keglatan para pemuda dan remaja di suatu wlayah. Berbagai kegiatan tersebut imisainya kegiatan olahraga, kesenian, keagamaan, kegiatan amal. dan lain-lain. Dengan adanya organisasi karang taruna, anakanak muda dapat mengisi waktu tuang dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi mereka rmaupun semua warga pada umunnya.

Organisasi di Lingkungan Masyarakat


PKK
PKK singkatan dari pembinaan kesejahteraan keluarga. PKK merupakan organlsasi yang beranggotakan para wanita sebagai ibu rumah tangga yang bertujuan memberdayakan para anggotanya dalam meningkalkan kesejahteraan keluarga. Di dalam PKK, ibu-ibu rumah tangga dilatih dalam berbagai kegiatan bermanfaat yang berhubungan dengan pemberdayaan kesejahteraan keluarga, misalnya peiatihan memasak, menjahit, dan lain-lain. PKK berperan dalam meningkatkan kesejahtaraan keluarga, kesehatan, pendidikan, dan peningkatan ekonomi.

Posyandu
Posyandu singkatan dari pos pelayanan terpadu. Posyandu dibentuk untuk memberikan pelayanan kesehatan, terutama bagi ibu dan anak balita. Kegiatan-kegiatan yang biasa diadakan posyandu adalah penimbangan anak balita, pemeriksaan kesehatan anak balita, penyuluhan kesehatan kepada para ibu, dan lain-lain. Dengan adanya posyandu ini, diharapkan para ibu dapat mengetahui perkembangan anak balitanya, serta dapat mencegah dan mengatasi gangguan kesehatan yang dimilki anak.



Nah itulah organisai-organisasi yang ada dilingkungan msyarakat untuk teman mungkin belum mengikutinya ya? karna masih kecil, tapi seiring berjalannya waktu teman-teman jug akan merasakannya. Jika didesa teman-teman ada organisasi seni atau olahraga bisa juga serta didalmnya.

Nah untuk artikel selanjutnya kita akan mengulas tentang peran serta dalam organisasi sekolah, setelah tadi kita mengulas apa yang organisasi yang ada disekolah kita kan berlanjut persan serta dalam organisasi sekolah. Kitabakan sedikit menyingung tentang keikut sertaan dalam organisasi sekolah, contohnya menggunkan hak suara kita saat ada pemilihan ketu kelas/osis untuk mendapatkan pemimpin yang baik dalam organisasi, jadi saat memilih seperti ini teman-teman semua juga dilatis dalam berdemokrasi.

Agar tidak ketinggalan artikelnya silahkan berlangganan melalui email (Gratis). Semoga setelah saja ulas sedikit diatas teman-teman sudah memiliki gambaran tentang peran serata dalam organisasi sekolah.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Organisasi di Lingkungan Masyarakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel