Organisani Nasional Budi Utomo


Assalamualaikum Wr.Wb

Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:



Organisasi Pergerakan Nasional

PĆ©rjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah yang semula bersifat kedaerahan mulai ditinggalkan. Pemuda dan pelajar Indonesia mulai berpikir untuk mendirikan organisasi yang modern. Berikut beberapa organisasi pada masa pergerakan nasional.

Budi Utomo

Pada hari Rabu tanggal 20 Mei 1908 di ruang anatomi Gedung STOVIA, Jakarta diadakan rapat di kalangan pemuda pelajar STOVIA. Tokoh-tokoh yang hadir datam rapat tersebut adalah M. Suraji, Muhammad Saleh, M. Suwarno, M. Gunawan, A.M. Gubek, dan R. Angka. Rapat tersebut dipimpin oleh Sutomo dan diputuskan untuk mendirikan sebuah Organisasi moden pertama di Indonesia yang diberi nama Budi Utomo.

Budi Utomo merupakan organisasi yang merintis bangkitnya kesadaran bangsa Indonesia untuk berjuang secara nasional. Dalam waktu yang singkat Budi Utomo maju dan berkembang dengan pesat. Anggota Budi Utomo tidak hanya dari pelajar-pelajar STOVIA, tetapi juga pelajar dan priayi dari luar kota Jakarta. Cabang Budi Utomo ada di Yogyakarta, Surabaya, Magelang, dan Bogor. Ketua Budi Utomo adalah dr. Sutomo. Berikut adalah tujuan dari organisasi Budi Utomo.

Organisani Nasional Budi Utomo


Meningkatkan derajat dan martabat bangsa Indonesia denganjalan memajukan pendidikan dan pengajaran. Meningkatkan ekonomi rakyat dan mempererat kehidupan sosial.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Budi Utomo tidak mau bekerja sama dengan Belandea. Budi Utomo berjuang menuju Indonesia bersatu dan merdeka. Tanggal berdirinya Budi Utomo diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional.



Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Organisani Nasional Budi Utomo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel