Perjuangan Sultan Agung Hanyokrokusumo


Assalamualaikum Wr.Wb

Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Perjuangan Sultan Agung Hanyokrokusumo

Sultan Agung Hanyokrokusumo

Raja Mataram yang terkenal adalah Sultan Agung Hanyokrokusumo. Beliau berhasil mempersatukan kerajaan-kerajaan islam di Jawa. Setelah berhasil mempersatukan kerajaan kerajaan Islam di Jawa, Sultan Agung mengalihkan perhatiannya pada VOC (kompeni) di Batavia. VOC di bawah pimpinan Jan Pieterzoon Coen berusaha mendirikan benteng untuk memperkuat monopolinya di Jawa. Niat VOC tersebut membuat marah Sultan Agung sehingga menyebabkan Mataram sering bersitegang dengan VOC.

Sutan Agung menyadari bahwa kompeni Belanda tidak dapat dipercaya. Oleh karena itu, pada tanggal 22 Agustus 1628 Suitan Agung mengerahkan pasukan untuk melakukan penyerangan Mataram ke Batavia. Pasukan Mataram dipimpin oleh Tumenggung Baurekso dan . Dipati Ukur. Pada tahun 1629, Mataram kembali menyerang VOC di Batavia di bawah pimpinan Suro Agul-Agul, Kiai Adipati Mandurareja, dan Dipati Upasanta. Meskipun tidak berhasil mengusir VOC dari Batavia, Sultan Agung sudah menunjukkan semangat antipenjajahan asing khususnya kompeni Belanda.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Perjuangan Sultan Agung Hanyokrokusumo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel