Ketetapan Alam dan Keadaan Sosial di Indonesia


Assalamualaikum Wr.Wb

Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:



Negara Indonesia tertetak di wilayah Asia Tenggara. Negara indonesia bertetangga dengan negara-negara di sekitarnya, seperti Thailand, Myanmar, Vietnam, Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Timor Leste, dan Filipina. Berdasarkan garis lintang dan garis bujur, Asia Tenggara terletak di antara 23° LU-11° LS dan 92° BT-141° BT. Secara geografis, Asia Tenggara berada di antara tiga benua dan dua samudra. Benua yang terletak di sekeliling kawasan Asia Tenggara yaitu Benua Asia, Benua Australia, dan Benua Amerika. Samudra yang terletak di kawasan Asia Tenggara adalah Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Ketetapan Alam dan Keadaan Sosial di Indonesia


Peta di samping adalah peta wilayah Asia Tenggara. Di wilayah Asia Tenggara terdapat beberapa negara. Coba sebutkan wilayah Asia Tenggara! Negara-negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Myanmar, Laos, Kamboja, dan Timor Leste. Setiap negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai ketampakan alam dan keadaan sosial sendiri-sendiri. Keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara dipengaruhi oleh ketampakan alamnya. Ketampakan alam dan keadaan sosial di setiap negara menjadi ciri khas masing-masing negara yang bersangkutan.


Ketetapan Alam dan Keadaan Sosial di Indonesia


Letak astronomis    :  6° LU-11° LS dan 95° BT-141° BT
Letak geografis        : terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.

Batas Wilayah
Sebelah timur:      Papua Nugini dan Samudra Pasifik
Sebelah selatan:   Timor Leste, Australia, dan Samudra Hindia
Sebelah barat:      perairan negara India dan Samudra Hindia
Sebelah utara:       Malaysia
Tklim:                      Tropis

Letak Astronomis Indonesia


Ketampakan Alam
Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 17.504 pulau besar dan kecit Wilayah Indonesia terdiri dari daratan dan perairan atau laut. Luas wilayah daratan Indonesia lebih sempit dibandingkan luas wilayah perairan Indonesia.

Ketampakan alam Indonesia terdiri dari daratan dan perairan. Ketampakan alam daratan antara lain pegunungan, gunung, dataran tinggi, dan tanjung. Adapun ketampakan alam perairan meliputi laut, selat, sungai, danau, rawa, dan teluk. Pegunungan di Indonesia membentang. dari Pulau Sumatra hingga Pulau Papua. Di Indonesia terdapat gunung-gunung yang jumlahnya ratusan. Sebagian besar gunung di Indonesia merupakan gunung berapi yang sebagian masih aktif. Indonesia merupakan negara kepulauan sehingga banyak terdapat semenanjung. Semenanjung di indonesia antara lain Tanjung Inderapura, Tanjung Karawang, Tanjung Karangboto, dan sebagainya.

Ketampakan Alam Indoensia


Wilayah Indonesia sebagian besar berupa laut. Laut di Indonesia antara lain Laut Jawa, Laut Sulawesi, Laut Bali, Laut Flores, Laut Maluku, Laut Sawu, Laut Timor, Laut Banda, Laut Halmahera, dan Laut Arafuru. Laut Banda merupakan laut paling dalam di indonesia. Selat-selat di Indonesia antara lain Selat Malaka, Selat Sunda, Selat Karimata, Selat Bali, Selat Madura, Selat Makassar, dan masih banyak lagi. Sungai-sungai besar yang mengalir di Indonesia antara lain Sungai Musi dan Sungai Asahan di Pulau Sumatra. Sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas yang berada di Kalimantan. Adapun Danau Toba merupakan danau terluas di indonesia yang terdapat di Sumatra Utara. Di Pulau Sulawesi terdapat tiga teluk, yaitu Teluk Bone, Teluk Tolo, dan Teluk Tomini. Daerah rawa-rawa banyak terdapat di Pulau Sumatra, Pulau Kalimantan, dan Pulau Papua.

Keadaan Sosial dan Ekonomi Indonesia


Keadaan Sosial dan Ekonomi
Berdasarkan sensus penduduk tahun 2015, jumlah penduduk Indonesia mencapai 252.370.792 jiwa. Sebagian besar penduduk Indonesia bekerja di bidang pertanian dan perikanan. Oleh karena itu, negara lndonesia disebut sebagai negara agraris atau Negara maritim. Hasil pertanian Indonesia antara lain padi, jagung, tebu, kelapa sawit, teh, kopi, cengkih, tembakau, karet, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Indonesia juga kaya akan hasil tambang, antara lain minyak bumi, emas, batu bara, tembaga, nikel, perak, besi, belerang, mangan, timah, aluminium, dan lain-lain.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.

Salam Sukses..!!

0 Response to "Ketetapan Alam dan Keadaan Sosial di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel