Ketampakan Alam dan Keadaan Sosial \Negara Myanmar


Assalamualaikum Wr.Wb

Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Ketampakan Alam dan Keadaan Sosial \Negara Myanmar

Letak Astronomis Myanmar (Burma)

Secara astronomis, Myanmar terletak antara 9  58LU-2829’LU dan 2911’ BT-10110’BT.

Ketampakan Alam
Secara umum, keadaan alam negara Myanmar dapat dibedakan menjadi sebagai berikut.
1. Di bagian utara, yang berbatasan dengan India dan Cina merupakan rangkaian pegunungah tinggi yang merupakan bagian dari Pegunungan Himalaya. Puncak tertingginya adalah Gunung Hkakabo Razi (5.881 m).

2. Di bagian barat, terdapat rangkaian Pegunungan Arakan Yoma yang memanjang dan bejurang dalam yang membentuk batas dengan India dan Bangladesh.

Ketampakan Alam Myanmar (Burma)


3. Di bagian tengah, merupakan daerah dataran rendah aluvial yang membentang dari delta dan lembah Sungai Irawadi dan lembah Sungai Sitang..

4. Di bagian selatan, terdapat garis pantai yang panjang di Teluk Benggala dan Laut Andaman.

5. Di bagian timur, terdapat dataran tinggi yaitu Plato Shan yang memi┼čahkan antara Myanmar dan negara Thailand.oWilayah ini bergetombang serta terdiri dari batu-batu kristal dan tanah liat dengan ketinggian +900 m.

Negara ini beriklim tropis dan mengalami tiga musim yang menonjol, yaitu musim hujan, musim kemarau yang sejuk, dan musim kemarau yang panas. Salju terbentuk di dataran yang lebih tinggi, yaitu di daerah pegunungan Myanmar Utara.

Keadaan Sosial dan Ekonomi
Myanmar berpenduduk sekitar 53,9 juta jiwa. Penduduk Myanmar terdiri dari berbagai suku bangsa, seperti Burma, Shan, Karen, Rokhin, Mon, dan. Kachin. Agama utama yang dianut oleh penduduk Myanmar adalah agama Buddha. Agama lain yang juga berkembang di negara ini adalah Islam, Hindu, Kristen, dan kepercayaan. Dalam percakapan sehari-hari, penduduk menggunakan bahasa Myanmar, Inggris, Mandarin, dan india. Bahasa nasionalnya adalah bahasa Myanmar.

Keadaan Sosial dan Ekonomi Myanmar


Kegiatan ekonomi utama penduduk Myanmar adalah pertanian, perkebunan, dan per tambangan. Myanmar merupakan salah satu negara penghasil padi terbesar di Asia Tenggara. Hasil pertanian lainnya adalah kapas, kacang tanah, dan tembakau. Hasil perkebunannya antara lain tebu dan kayu jati. Hasil pertambangannya antara lain seng, tembaga, emas, perak, timah, dan minyak bumi. Lebih dari setengah nilai ekspor berasal dari ekspor pakaian. Myanmar juga memiliki hutan yang cukup luas. Terdapat lebih dari 100 jenis pohon menjadi komoditas ekspor. utama.



Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Ketampakan Alam dan Keadaan Sosial \Negara Myanmar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel