Ketampakan Alam dan Keadaan Sosial Brunei Darussalam


Assalamualaikum Wr.Wb

Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Letak Astronomis Brunei Darussalam


Letak Astronomis Brunei Darussalam

Brunei Darussalam terletak di pantai barat laut Pulau Kalimantan, wilayah bagian utara menghadap ke Laut Cina Selatan. Wilayah bagian tengah Brunei terbagi oleh wilayah Malaysia. Secara astronomis, Brunei Darussalam terletak antara 4° LU-5° LU dan 114° BT-115° BT. Batas-batas wilayah Brunei yaitu sebelah utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan; sebelah timur berbatasan dengan Sabah, Malaysia; sebelah selatan berbatasan dengan Sarawak, Malaysia; dan sebelah barat berbatasan dengan Sarawak, Malaysia.

Ketampakan Alam
Negara Brunei Darussalam berada di bagian utara wilayah Malaysia Timur. Sebelah utara Brunei Darussalam berbatasan dengan Laut Cina Selatan. Adapun bagian timur, selatan, dan barat dikelilingi oleh Malaysia Timur. Brunei Darussalam mempunyai luas wilayah 5.763 km2.

Wilayah Brunei Darussalam terbagi menjadi dua, yatu wilayah Barat dan wilayah Timur. Wilayah Barat meliputi daerah Belait, Tutong, Brunei, dan Muara. Wilayah Barat ketampakan alamnya berupa dataran rendah. Wilayah Timur meliputi daerah Temburong. Wilayah Timur ketampakan alamnya berupa daerah perbukitan.

Ketampakan Alam Brunei Darussalam


Sungai-sungai yang mengalir di Brunei Darussalam antara lain Sungai Tukong, Sungai Belait, Sungai Brunei, dan Sungai Temburong. Sebagian sungai mengalir ke daerah utara. Sungai terpanjang di Brunei Darussalam adalah Sungai Belait.

Brunei Darussalam memiliki ikim tropis. Curah hujan rata-rata 2.000 mm per tahun. Puncak tertinggi di Brunei Danussalam adalah Gunung Pagon. Ketinggiannya mencapai 1.850 m.

Keadaan Sosial dan Ekonomi
Negara Brunei Darussalam pernah dijajah oleh bangsa Inggris. Negara ini merdeka pada tanggal 1 Januari 1984. Penduduk Brunei Darussalam jumlahnya sekitar 312 ribu jiwá. Kepadatan penduduknya adalah 54 jiwa/km. Penduduk Brunei Darussalam 85% merupakan suku bangsa Melayu dan Cina. Sisanya yang 15% berasal dari suku lain.

Keadaan Sosial dan Ekonomi Brunei Darussalam


Perekonomian negara Brunei Darussalam bertumpu pada bidang perdagangan dan pertambangan. Di bidang pertambangan, Brunei Darussalam kaya dengan minyak dan gas bumi. Brunei Darussalam menjadi negara terkaya di Asia Tenggara. Di dunia, Brunei Darussalam terkaya nomor 11. Perdagangannya menjadikan negara ini terdepan dalam angka ekspor per kapita.



Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Ketampakan Alam dan Keadaan Sosial Brunei Darussalam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel