Ketampakan Alam dan Keadaan Sosial Thailand


Assalamualaikum Wr.Wb

Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Letak Astronomis Thailand



Letak Astronomis Thailand

Thailand adalah negara kerajaan dengan ibu kota Bangkok. Thailand merupakan satu satunya Negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa. Kepala Negara Thailand adalah raja, sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri.

Secara astronomis, Thailand terletak antara 5° LU-21° LU dan 97° BT-107° BT. Batas batas wilayah Thailand yaitu sebelah utara berbatasan dengan Laos dan Myanmar, sebelah timur berbatasan dengan Laos, sebelah selatan berbatasan dengan Kamboja dan Malaysia, serta sebelah barat berbatasan dengan Laut Andaman dan Myanmar.

Ketampakan Alam
Negara Thailand berada di Semenanjung Malaya. Thailand dikenal juga dengan nama Muangthal. Thailand mempunyai luas wilayah sekitar 512.820 km2. Ketampakan alamnya berupa dataran rendah dan pegunungan. Thailand bagian tengah merupakan dataran rendah. Di daerah itu mengalir
Sungai Chao Phraya. Daerah di sekitar aliran Sungai Chao Phraya merupakan daerah yang subur.

Ketampakan Alam Thailand


Thailand merupakan daerah pegunungan. Pegunungan yang terkenal yaitu pegunungan Tanen dengan puncak tertinggi Gunung Dointhanon (2.595 m). Pegunungan Bilauktaung dengan puncak tertinggi Gunung Di Ngae (1.805 m). Daerah bagian selatan merupakan semenanjung yang dikenal dengan Tanah Genting Kra.

Keadaan Sosial dan Ekonomi
Jumlah penduduk Thailand sekitar 65,1 juta jiwa. Sebagian besar penduduknya berasal dari suku Thai sehingga Thailand disebut juga Muangthai. Penduduk Thailand menganut agama Buddha. Agama tersebut juga menjadi agama utama sehingga di Thailand banyak terdapat pagoda. Thailand mendapat julukan Negeri Seribu Pagoda. Mengapa demikian? Karena banyak terdapat pagoda di negara tersebut.

Keadaan Sosial dan Ekonomi Thailand


Pertanian merupakan kegiatan ekonomi utama penduduk Thailand. Hasil utamanya adalah padi. Thailand menjadi negara penghasil padi terbesar di Asia Tenggara. Maka dari itu, negara tersebut juga dijuluki lumbung padi ASEAN. Kegiatan ekonomi lain penduduk Thailand adalah di bidang kehutanan, pertambangan, dan industri. Hasil hutan Thailand adalah kayu Jati. Hasil tambang Thailand adalah timah dan mangan. Industri di Thailand menghasilkan tekstil, semen, dan barang-barang elektronik.



Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Ketampakan Alam dan Keadaan Sosial Thailand"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel