Ketampakan Alam dan Keadaan Sosial Filipina


Assalamualaikum Wr.Wb

Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Letak Astronomis Filipina

Letak Astronomis Filipina

Secara astronomis, Filipina terletak pada 5° LU-21° LU dan 117° BT-126° BT. Secara geografis, negara tersebut terletak di sebelah utara lepas pantai Pulau Sulawesi. Batas-batas wilayah Filipina yaitu sebelah utara berbatasan dengan Laut Filipina, sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasitik, 8ebelah 8elatan berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Laut Sulu, serta sebelah barat berbatasan dengan Laut Cina Selatan.

Ketampakan Alam
Ketampakan alam Filipina mempunyai kesamaan dengan Indonesia. Filipina merupakan Negara kepulauan. Pulau terbesar di ilipina juga berupa daerah pegunungan. Pegunungan di Filipina yaitu Pegunungan Victoria dengan puncak tertinggi Gunung Gantung (1.813 m). Gunung-gunung lain di Filipina yaitu Gunung Covitan (2.594 m) dan Gunung Clawet (2.669 m) di Pulau Luzon. Di Pulau Mindoro terdapat Gunung Halcon (2.582 m) dan Gunung Baco (2.488 m). Gunung Apo (2.930 m) terdapat di Pulau Mindanao. Gunung Apo merupakan gunung tertinggi di Filipina.

Ketampakan Alam Filipina


Filipina memiliki banyak laut, selat, teluk, dan semenanjung. Laut di wilayah Filipina yaitu Laut Sulu, Laut Mindanao, Laut Camotes, Laut Visayan, dan Laut Sibuyan. Selat di Filipina antara lain Selat Babuyan, Selat Mindoro, Selat Balabac, Selat Tanon, dan Selat Jintotolo.

Teluk di Filipina antara lain Teluk Moro, Teluk Tolong, Teluk Manila, Teluk San Miguel, Teluk Mangueda, dan lain-lain. Adapun ketampakan alam berupa semenanjung yaitu Semenanjung Bondoc dan Semenanjung Zamboanga.

Di Filipina terdapat tiga danau besar yaitu Danauu Laguna, Danau Tay, dan Danau Lenau. Sungai-sungai yang mengalir di Filipina antara lain Sungai Pulangi, Sungai Cagayan, dan Sungai Pangoango.

Keadaan Sosial dan Ekonomł
Jumlah penduduk di Filipina sekitar 102,5 juta jiwa. Suku bangsa yang mendiami Filipina
di antaranya sebagai berikut.
  • Bangsa Mestis, yaitu campuran orang Melayu dan bangsa Spanyo.
  • Penduduk asli yaitu Negrito yang terdesak ke pedalaman oleh orang Melayu.
  • Bangsa Moro, pemeluk agama Islam yang mendiami Pulau Mindanao.
  • Bangsa lgorat mempunyai kehidupan sederhana dan bertempat tinggal di lereng-lereng gunung di Pulau Luzon.


Bahasa yang digunakan penduduk Filipina adalah bahasa Tagalog, Inggris, dan Spanyol. Bahasa Tagalog merupakan bahasa resmi negara.

Keadaan Sosial dan Ekonomł Filipina


Kegiatan ekonomi utama penduduk Filipina adalah pertanian. Hasil pertaniannya antara lain padi, kelapa, abaka, nanas, dan gula. Kegiatan ekonomi lain yang dilakukan penduduk Filipina adalah pertambangan dan industri. Hasil tambang Filipina antara lain kobalt, tembaga, emas, nikel, bijih besi, dan minyak bumi. Ada pula penduduk yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Mereka adalah penduduk yang tinggal di pulau-pulau kecil.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Ketampakan Alam dan Keadaan Sosial Filipina"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel