Ketampakan Alam dan Keadaan Sosial di Malaysia


Assalamualaikum Wr.Wb

Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Letak Astronimis Malaysia

Letak Astronimis Malaysia

Secara astronomis, Malaysia terletak antara 1° LU-7° LUU dan 100° BT-119° BT. Luas wilayah Malaysia kurang lebih 330.434 km yang terdiri dari dua bagian, yaitu wilayah Malaysia Barat dan Maiaysia Timur.

Ketampakan Alam
Negara Malaysia terbagi menjadi dua wilayah, yaitu Malaysia Barat di Semenanjung Malaka dan Malaysia Timur yang berada di bagian utara Pulau Kalimantan. Ibu kota negara Malaysia yaitu Kuala Lumpur yang berada di Malaysia bagian barat.

1. Malaysia Barat terdiri atas 11 negarabagian. Negara bagian tersebut yaitu Kedah, Perlis, Penang, Perak, Kelantan, Terengganu, Pahang, Selangor, Negeri Sembilan, Malaka, dan Johor. Ketampakan alam Malaysia Barat berupa pegunungan dan dataran rendah. Terdapat pula hutan yang lebat. Puncak tertinggi di Malaysia Barat yaitu Gunung Tahan (2.187 m). Sungai-sungai besar yang mengalir di Malaysia Barat antara lain Sungai Terengganu, Sungai Perak, dan Sungai Pahang.

Ketampakan Alam Malaysia


2. Malaysia Timur berada di bagian utara Pulau Kallmantan. Malaysia Timur terdiri dari dua negara bagian yaitu Sarawak dan Sabah. Ketampakan alam Malaysia Timur berupa daerah pegunungan dan dataran tinggi. Pegunungan yang terkenal yaitu Pegunungan Hose dan Dataran Tinggi Batu Laga. Di Malaysia Timur terdapat gunung-gunung seperti Gunung Bukit Batu (2.028 m), Gunung Mulu (2.377 m), Gunung Lumak (1.966 m), Gunung Antulai (1.713 m), Gunung Trus Madi (2.649 m), dan Gunung Kinabalu (4.094 m). Gunung Kinabalu di Sabah merupakan gunung tertinggi di Malaysia. Sungai yang mengalir di Malaysia Timur antara lain Sungai Rajang dan Sungai Padas.

Keadaan Soslal dan Ekonomi
Malaysia berpenduduk sekitar 23.275.000 jiwa. Sebagian besar penduduk adalah bangsa Melayu, sisanya adalah keturunan Cina, India, dan Eropa. Penduduk asli Malaysia dapat ditemui di Malaysia bagian timur. Penduduk asli Malaysia terdiri dari suku lban, Bidayuh, dan Kadaza. Agama yang dianut sebagian besar penduduk Malaysia adalah islam. Agama tersebut sekaligus menjadi agama resmi. Bahasa nasional yang digunakan adalah bahasa Melayu.

Keadaan Soslal dan Ekonomi Malaysia


Kegiatan ekonomi utama penduduk Malaysia adalah pertanian. Hasit pertaniannya antara lain padi, teh, buah, tebu, kakao, kelapa sawit, dan karet. Karet menjadi komoditas ekspor andalan Malaysia. Keglatan ekonomi lain yang dilakukan penduduk Malaysia adaiah industri, pertambangan, dan kehutanan. Hasil tambang Malaysia antara lain gas alam, bijh besi, timah, baukst, tembaga, dan emas. Malaysia menupakan negara panghasil timah terbesar di dunia,

0 Response to "Ketampakan Alam dan Keadaan Sosial di Malaysia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel