Keadaan Alam dan Keadaan Sosial Ekonomi Timor Leste


Assalamualaikum Wr.Wb

Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Keadaan Alam dan Keadaan Sosial Ekonomi Timor Leste

Timor Leste

Sebelum menjadi sebuah negara, Timor Leste merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan nama Timor Timur. Pada tanggal 19 Oktober 1999, Timor Timur melepaskan diri dari NKRI dan menjadi negara baru dengan nama Timor Leste.

Republik Demokratik Timor Leste (Timor Leste atau Timor Lorosae) merupakan sebuah negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur Pulau Timor. Wilayah Timor Leste meliputi Pulau Kambing atau Atauro, Jaco, dan Exclave Oecussi-Ambeno di Timor Barat. Adapun jumlah penduduk negara ini sekitar 1,178 juta jiwa pada tahun 2013.

Ketampakan Alam
Keadaan Alam Timor Leste

Sebagian besar wilayah Timor Leste berupa pegunungan. Daerah pegunungan terutama terdapat di daerah utara. Puncak tertinggi dari rangkaian pegunungan di Timor Leste adalah di bagian pedalaman. Daerah sebelah selatan berupa delta sungai dan rawa. Timor Leste jugga memiliki daerah perbukitan. Daerah ini ditumbuhi semak dan pohon ekaliptus. Timor Leste beriklim tropis. Bagian sebelah selatan memiliki curah hujan yang lebih tinggi daripada daerah lain. Namun, daerah selatan memiliki musim kemarau yang lebih panjang dar ipada daerah lain.

Keadaan Sosial dan Ekonomi
Timor Leste atau Timor Lorosae merupakan negara repubilik yang belum lama merdeka. Negara ini melepaskan diri dari Republik indonesia sebagai provinsi ke-27 pada tahun 1999. Presiden pertamanya adalah Xanana Gusmao. Sebelum bergabung dengan indonesia, Timor Leste berada di bawah jajahan Portugal selama berabad-abad. Jumlah penduduknya 885.000 jiwa. Bahasa yang digunakan adalah bahasa indonesia dan Portugal. Sebagian besar penduduk Timor Leste beragama Katolik.

Keadaan Sosial dan Ekonomi Timor Leste


Penduduk Timor Leste sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Secara ekonomi kehidupan penduduknrya mulai membaik setelah bergabung dengan Indonesia. Meskipun demikian, Timor Leste termasuk negara miskin karena hampir tidak punya surnber daya alam dan sumber daya manusianya masih rendah atau kebanyakan rakyatnya masih belum terpelajar.
.

0 Response to "Keadaan Alam dan Keadaan Sosial Ekonomi Timor Leste"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel