Batas Wilayah Asia Timur dan Keadaan Alam Serta Penduduknya


Assalamualaikum Wr.Wb

Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:



Batas Wilayah Asia Timur dan Keadaan Alam Serta Penduduknya

Kelompok negara Asia Tenggara meliputi semua negara-negara ASEAN. Wilayah ini temasuk subur untuk pertanian. Vietnam dan Thailand bahkan sempat dijuluki gudang beras Asia Tenggara. Bangunan buatan manusia yang termasyhur adalah Borobudur di Indonesia dan Angkor Wat di Bangkok. Keompok negara Asia Tenggara sudah diuraikan di artikel sebelumnya.

Asia Timur
Asia Timur adalah salah satu subwilayah Asia. Luasnya sekitar 6.640.000 km atau 15% dani
benua tersebut. Negara penting di Asia Timur yaitu Cina dan Jepang. Perhatikan uraian barikut.

Cina
Letak dan Batas
Letak negara Cina yaitu berada pada 19° LU-52° LU dan 74° BT-132° BT dengan luas wilayah 9.596.961 km. Batas-batas negara Cina antara lain sebagai berikut.
(1) Sebelah utara   :  Siberia dan Mongolia.
(2) Sebelah barat   :  Laut Cina Timur, Laut Kuning, dan Korea Utara.
(3) Sebelah selatan : Laut Cina Selatan, Vietnam, Laos, Myanmar, India, Nepal, dan Bhutan.
(4) Sebelah timur    :Laut Cina Timur, Laut Kuning, dan Korea Utara. Kashmir, Tajikistan, Kirgistan, dan Kazakstan.

Luas dan Batas Negara China


Keadaan Alam
Negara Cina memiliki luas wilayah sekitar 9.596.961 km. Sebagian besar wilayahnya gunungan yang terdapat di Cina adalah Pegunungan Kwan Lun dan Pegunungan Himalaya. Di pegunungan bagian selatan terdapat dataran tinggi yang disebut Dataran Tinggi Yunan. Di sebelah timur terdapat dataran rendah yang cukup luas dan di daerah ini mengalir Sungai Kuning (Sungai Hwang Ho). Selain Sungai Kuning, ada juga Sungai Mekong, Sungai Yangtze, dan Sungai Kiang. Daerah sekitar lembah sungai tanahnya yang sangat subur. Cina memiliki tiga musim berbeda di setiap-tiap wilayah.

Keadaan Alam dan Penduduk Cina


Keadaan Penduduk
Cina merupakan negara dengan penduduk terpadat nomor satu di dunia. Pada tahun 2013, jumlah penduduknya mencapai 1,357 miliar ─»iwa. Sebagian besar penduduk Cina adalah suku Han, sisanya suku Mongol, Manchu, Korea, dan Turki. Penduduknya menganut ajaran Kong Hu Chu.

Jepang
Jepang merupakan negara dengan sistem pemerintahan kekaisaran. Kepala negaranya disebut dengan kaisar dan kepala pemerintahannya adalah perdana menteri. Negara ini beribu kota di Tokyo yang terletak di Pulau Honshu.

Letak dan Luas Negara Jepang


Letak dan Luas
Jepang merupakan negara kepulauan dengan 3.000 pulau. Benua Asia dan kepulauan Jepang dipisahkan oleh Laut Jepang. Pulau terbesar dan menjadi daerah aktivitas adalah Pulau Hokaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Negara Jepang terletak antara 129° BT-147° BT dan 20° LU-50° LU dengan luas keseluruhan sekitar 377.815 km.

Keadaan Alam
Wilayah Jepang dilalui oleh Pegunungan Sirkum Pasifik, maka sebagian besar (71%) terdiri dari wilayah pegunungan sehingga banyak gunung api yang aktif. Adapun daratannya yang dipisahkan pegunungan sempit dijadikan aktivitas penduduk Negara Jepang. Masalah alam yang sering melanda negara ini yaitu fetusan gunung api, banjir, gempa bumi, dan angin topan.

Keadaan Alam dan Keadaan Penduduk Jepang


Keadaan Penduduk
Pada tahun 2013 jumlah penduduk Jepang 127,3 juta jiwa. Kondisi iklim memengaruhi aktivitas penduduk sehingga aktivitas penduduk sebagian besar berada di Pulau Honshu. Penduduk asli Jepang adalah bangsa Ainu. Penduduk Jepang mempunyai sifat yang perlu ditiru, seperti ulet, rajin, dan disiplin. Sifat ini yang mengantarkan negara Jepang menjadi negara maju.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Batas Wilayah Asia Timur dan Keadaan Alam Serta Penduduknya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel