Sidang Pertama BPUPKI (29 Mel-1 Juni 1945)

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.

Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Apa yang dapat kamu simpulkan dari gambar tersebut? Proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara merupakan sebuah sejarah yang wajib kita ketahui. Pancasila mengalami proses yang berliku dari perumusan hingga ditetapkan sebagai dasar negara lndonesia.

Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun. Pada bulan Maret 1942, Belanda menyerahkan Indonesia kepada Jepang. Jepang menjajah indonesia selama 3,5 tahun. Tidak berbeda dengan Belanda, Jepang juga melakukan kesewenang-wenangan terhadap rakyat indonesia. Para pemuda
dipaksa menjadi romusa (pekerja paksa) dan rakyat dipaksa untuk menyerahkan hasi buminya.

Proses Perumusan Pancasila Sebagai Dasar Negara


Akan tetapi, menjelang berakhirnya Perang Dunia II, Jepang mulai terdesak sehingga merayu bangsa Indonesia agar bersedia membantu Jepang. Untuk menarik simpati bangsa indonesia, Jepang menjanjikan akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia setelah perang berakhir. Sebagai realisasi atas janji tersebut, pada tanggal 1 Maret 1945 dibentuklah BPUPKI (Badan Penyeidik Usaha- Usaha Persipan Indonesia Kemerdekaan Indonesia)  atau dalam bahasa Jepang disebut Dokuritsu Junbi Cosakai dengan ketuanya adalah Dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat serta wakil ketuanya Ichibangase Ypsio dan R.P. Soeroso. Pelantikan anggota BPUPKI berlangsung pada tanggal 28 Mei 1945.

BPUPKI mengemban tugas melakukan penyelidikan atas segala sesuatu mengenai persiapan kemerdekaan Indonesia. Dalam menjalankan tugasnya tersebut, BPUPKI melakukan sidang sebanyak dua kali.

1. Sidang Pertama BPUPKI (29 Mel-1 Juni 1945)
Sidang pertama BPUPKI yang berlangsung pada tanggal 29 Mei-1 Juni 1945 membahas tentang rumusan dasar negara untuk Indonesia merdeka. Para pemimpin bangsa menoiak dasar negara Indonesia baik individualisme, liberalisme, maupun komunisme.Ada tigatokoh yangmengemukakan tentang rumusan dasar negara, yaitu sebagai berikut.

a. Mr. Muhammad Yamin
Pada tanggal 29 Mei 1945, Mr. Mohammad Yamin menyampaikan usulan usha mengenai rumusan dasr negara yang diberi judul Asas dan Dasar Negara Kebangsaan Republik Indonesia yang berisikan sebagai berikut.
1. Peri Kangsaan
2. Peri Kemanusian
3. Peri Kutuhanan
4. Peri Kerakyatan
5. Peri Kesejahteraan

Setelah berpidato, Mr. Muhammad Yamin menyampaikan usulan secara tertulis mengenai Rancangan Undang-Undang Dasar Republik indonesia. Dalam rancangan UUD tersebut tercantum pula rumusan lima asas dasar negara yang meliputi sebagai berikut.

1) Ketuhanan Yang Maha Esa.
2) Kebangsaan persatuan lIndonesia.
3) Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab.
4) Kerakyatan yang dpncehknatkjksanandalampemiyawaratanibarwalan,
5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat lndonesia.

b. Prof. Dr. Mr. Supomo
Pada tanggal 31 Mei 1945 giliran Prof. Dr. Mr. Supomo mengemukakan pemikirannya tentang dasar negara. Menurutnya, negara yang akan dibentuk hendaklah negara integralistik yang berdasarkan pada hal-hal berikut.
1) Persatuan
2) Kekeluargaan
3) Keseimbangan lahir dan batin.
4) Musyawarah
5) Keadilan sosial.

c. Ir. Soekarno
Ir. Soekarno mengemukakan pemikirannya mengenai dasar negara Indonesia merdeka pada tanggal 1 Juni 1945. Pemikirannya terdiri dari lima asas berikut.
1) Nasionalisme atau kebangsaan Indonesia.
2) lntermasionalisme atau peri kemanusiaan.
3) Mufakat atau demokrasi.
4). Kesejahteraan sosial..
5). Ketuhanan Yang Maha Esa..
Kelima asas tersebut diberi nama Pancasila. Oleh karena itu, pada tanggal 1 Juni kita peringati sebagai hari Lahir Pancasila.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Sidang Pertama BPUPKI (29 Mel-1 Juni 1945)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel