Rapat Panitia Sembilan

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Rapat Panitia Sembilan

Pada saat sidang pertama BPUPKI berakhir, rumusan dasar negara belum terbentuk. Oleh karena itu, BPUPKI membentuk panitia perumus dasar negara yang beranggotakan sembilan orang sehingga disebut Panitia Sembilan. Tugas Panitia Sembilan adalah menampung berbagai aspirasi tentang pembentukan dasar negara Indonesia merdeka. Anggota Panitia Sembilan terdiri dari sebagai beikut.

Hasil Rapat Rapat Panitia Sembilan


Pada tanggal 22 Juni 1945, Panitia Sembilan mengadakan rapat di kediaman Ir. Soekano di Jalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta. Meskipun sempat terjadi perbedaan pemahaman antara golongan nasionalis dan islam mengenai rumusan dasar negara, pada akhirnya disepakati rumusan dasar negara yang tercantum dalarm mukadimah (pembukaan) hukum dasar. Rumusan mukadimah hukum dasar tersebut kemudian dikenal dengan nama Jakarta Charter atau Piagam Jakarta. Tokoh yang memberi nama Jakata Charter atau Piagam Jakarta adalah Mr. Muhammad Yamin.

Dalam Piagam Jakarta terdapat rumusan dasar negara yang isinya sebagai berikut.

1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat lslam bagi pemeluk-pemeluknya.'
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3. Persatuan lndonesia.
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebjaksanaan dalam pemusyawaratan/perwakian.
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Rapat Panitia Sembilan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel