Proklamasi Kemerdekaan Republk Indonesla dan Sidang Pertama PPKI

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Proklamasi Kemerdekaan Republk Indonesla dan Sidang Pertama PPKI

Janji Jepang untuk memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia sesungguhnya hanyalah taktik Jepang untuk memperoleh dukungan dari bangsa Indonesia. Indonesia berhasi memproklamasikan kemerdekaan negara Republik ndonesia dengan usaha dan perjuangan sendiri serta atas berkat rahmat Tuhan Yang Mahakuasa. Pada tanggal 17 Agustus 1945lndonesia menyatakan kemerdekaannya.

Proklamasi Kemerdekaan Republk Indonesla dan Sidang Pertama PPKI


Pada tanggal 18 Agustus 1945 atau sehari setelah bangsa Indonesia memproklamasikan
kemerdekaan, PPKI mengadakan sidangnya yang pertama. Pada sidang ini PPKI membahas
konstitusi negara Indonesia, presiden dan wakil presiden indonesia, serta lembaga yang membantu
tugas presiden Indonesia.

PPKI membahas konstitusi negara Indonesia menggunakan naskah Piagam Jakarta yang telah disahkan BPUPKI. Namun, sebelum sidang dimulai Soekarno-Hl nenninta kepada K.H. Wahid Hasyim, Ki Bagus Hadikusumo, Mr. Kasman Singodimedjo, dan Teuku Moh. Hassan selaku tokoh Islam untuk membahas masalah terkait sla pertama dasar negara yang termuat dalam Piagam Jakarta yang berbunyi Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya. Pembahasan tersebut dilakukan karena pemeluk agama lain terutama tokoh-tokoh dari Indonesia bagian timur merasa kebeatan terhadap kalimat tersebu..

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Bung Hatta dan keempat tokoh Islam mengadakan musyawarah secara khusus, kemudian tercapailah kata sepakat untuk mengganti sila pertama dalam Piagam Jakarta menjadi berbunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa"

Perubahan tersebut dimaksudkan untuk menjaga keutuhan serta persatuan bangsa, dan dengan adanya perubahan tersebut semua golongan menjadi merasa lega. Sungguh suatu teladan yang telah ditunjukkan oleh para tokoh pendiri bangsa kita yang patut kita contoh, yaitu menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi atau golongan, senantiasa menyelesaikan masalah dengan musyawarah, serta menerima hasil keputusan yang telah disepakati dengan hati nurani yang luhur. Sudahkah kita memiliki sikap demikian?

Rancangan hukum dasar negara disahkan sebagai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945. UUD itu kemudian dikenal sebagai UUD 1945. Keberadaan UUD 1945 diumumkan dalam Berita Republik Indonesia Tahun ke-2 Nomor 7 Tahun 1945 pada halaman 45-48. Pembukaan (mukadimah) uuD 1945 terdin dari epat alinea. Pada alinea ke-4 UUD 1945 tercantum Pancasila sebagai dasar negara yang berbunyi sebagai berikut.
1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
3. Persatuan indonesia.
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalarn permusyawaratan/perwakilan.
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Susunan dan rumusan Pancasila yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan perjanjian ┼čeluruh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, mulai saat itu bangsa ndonesia membulatkan tekad mewujudkan Pancasiia sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila adalah lima sila yang menjadi dasar serta pedoman warga negara indonesia dalam hidup berbangsa dan bernegara yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Proklamasi Kemerdekaan Republk Indonesla dan Sidang Pertama PPKI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel