Pengertian dan Jenis Lembaga Negara

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Pengertian dan Jenis Lembaga Negara

Lembaga adalah badan atau organisasi yang memiliki kekuasaan tertentu untuk mengatur atau memerintah pemerintahan yang dibuat oleh negara, dari negara, dan untuk negara yang bertujuan membangun negara itu sendiri. Lembaga negara juga dapat diartikan sebagai badan-badan yang membentuk sistem dan menjalankan pemerintahan negara. Dalam sebuah negara ada yang memimpin negara yaitu kepala negara, ada yang membuat peraturan, dan ada pula yang menegakkan peraturan, semua itu dilaksanakan oleh lembaga negara.

Pengertian dan Jenis Lembaga Negara


Susunan lembaga-lembaga negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia telah dilakukan penyempumaan sesuai dengan aspirasi rakyat sehingga mengalami beberapa perubahan. Amandemen UUD 1945 membawa perubahan besar dalam sistem ketatanegaraan tndonesia. Amandemen adalah perubahanatau penambahan terhadap UUD. Selain dilakukan penataan kembali kedudukan dan wewenang lembaga-lembaga negara yang ada, melalui amandemen UUD 1945 juga diatur tentang keberadaan lembaga baru. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mewujudkan negara Indonesia yang demokratis.

Dalam negara yang menerapkan sistem demokrasi, paling tidak: ada tiga macam lembaga, yaitu lembaga legislatif sebagai lembaga pembuat undang-undang, iembaga eksekutif sebagai lembaga yang mernjalankan undang-undang/pemerintahan, dan tembaga yudikatif sebagai lenmbaga yang mengadili atas terjadinya pelanggaran-pelanggaran terhadap undang-undang. Dalam sistem pemerintahan Republik Indonesia, lembaga legislatif dijalankan oleh DPR, MPR, dan DPD. Lembaga eksekutif dijalankan oleh presiden yang dibarntu oleh seorang wakil presiden dan para menteri kabinet. Sementara lembaga yudikatif dijalankan oleh Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), dan Komisi Yudisial (KY).

Lembaga negara dibentuk agar negara dapat menjalankan fungsi negara sehingga tujuan negara yang dicita-cita oleh para pendiri negara dapat tercapai. Fungsi negara antara lain sebagai berikut.

1. Membuat kebijakan (peraturan perundang-undangan).
2. Menjaga ketertiban masyarakat.
3. Menegakkan keadilan.
4. Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.
5. Melakukan perlindungan, pelayanan, dan pertahanan..

Adapun tujuan negara adalah keinginan atau cita-cita hendak dicapai dan telah ditetapkan sebagai tujuan negara. Tujuan negara sangat penting karena akan menentukan arah serta struktur atau susunan pemerintahan guna mencapai tujuan tersebut. Selain jtu, ditetapkannya tujuan negara akan menjadi motivasi tersendiri bagi warga negara untuk mewujudkannya.

Tujuan Negra Kesatuan Republik Indonesia adalah seperti yang termuat dalam pembukaan UUD 1945 alinea IV, yaitu sebagai berikut.

1. Menlindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
2. Memamjukan kesejahteraan umum.
3. Mencerdaskan kehiduopan bangsa.
4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdaimaian abdi, dan keadilan sosial.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Pengertian dan Jenis Lembaga Negara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel