Penerapan Nilai Juang Dalam Kehidupan Sehari-hari

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Penerapan Nilai Juang Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebagai geberasi bangsa hendaknya kita dapat menghargai perjuangan para pahlawan yang telah mendahului kita tanpa ada rasa pamprih, meraka mengorbankan harta dan bendanya demi tegaknya Repbulik Indonesia.

Penerapan Nilai Juang Dalam Kehidupan Sehari-hari


Berikut adalah teladan dari para pahlawan yang dapat kita contoh dan periu untuk kita terapkan
dalam kehidupan sehari-hari.

1. Semangat Persatuan dan Kesatuan
Para tokoh bangsa sepertilr.Soekamo, Drs. Moh.Hatta, Dr. K.R.T. Radjiman Wedyodiningrat, Mr. Muh. Yamin, Prof. Dr. Mr. Supomo, serta tokoh-tokoh yang lain memiliki semangat persatuan dan kesatuan saat rmerumuskan dasar negara Indonesia. Hal ini terihat saat para tokoh bangsa tersebut membahas dan mendiskusikan bersama dalam suatu musyawarah tentang rumusan dasar negara yang terbaik. Meskipun banyak perbedaan pendapat, mereka tetap mengutamakan semangat persatuan dan kesatuan.

Contoh perilaku yang menunjukkan semangat persatuan dan kesatuan antara lain sebagai berikut.
a. Gotong royong membersihkan lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
b. Menyelesaikan masalah dengan kekeluargaan, tidak dengan kekerasan.
c. Mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan diri sendiri.

2. Cinta Tanah Alr
Sikap cinta tanah air yang dapat kita terapkan antara lain sebagai berikut.
a. Memakai barang-barang buatan bangsa lndonesia sendiri.
b. Berpartisipasi dalam pertunjukan tarian Nusantara.
c. lkut serta parade pakaian adat.
d. Lebin mangutamakan kepentngan negara darpada kepentingan cirńi sendiri atau golongan.

3. Mengutamakan Kepentingan Umum
Sikap mengutamakan kepentingan umum perlu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semuanya harus dilaksanakan dengan ikhlas dan tidak terpaksa. Kegiatan yang dapat dilakukan misalnya sebagai berikut.
a. Ikut menjaga keamanan lingkungan masyarakat melalui kegiatan siskamling.
b. Ikut kerja bakti sesuai dengan kemampuan.

4. Rela Berkorban
Salah satu contch perbuatan rela berkorban acalah membantu korban bencana alam dengan ikhlas dan tidak mengharapkan inmbalan. Selain itu, kita dapat menerapkan sikap rela berkorban misalnya dengan membantu kakek menyeberang jalan, membantu teman yang sedang kesusahan, dan sebagainya.

5. Toleransi
Toleransi adalah sikap menghargai perbedaan. Dilndonesia banyak sekali perbedaan, di antaranya perbedaan agama, suku, kebudayaan, adat istiadat, dan sebagainya. Hanya satu yang membuat bangsa Indonesia tetap bersatu dalam banyaknya perbedaan yaitu toleransi. Sikap toleransi yang dianut oleh bangsa Indonesia menjadikan perbedaan yang ada bukan sebagai pemecah belah, melainkan justru menjadi kekuatan dan saling melengkapi satu sama lain.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Penerapan Nilai Juang Dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel