Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Motif Ekonomi

Tindakan Ekonomi dan Kegiatan Ekonomi

Setiap hari manusia tidak dapat terlepas dari kegiatanekonomi. Kegiatan ekonomi dilakukan dalam
rangka memenuhi kebutuhan hidup. Dalam kegiatan ekonomi tersebut diperlukan kreativitas agar mampu. menyediakan barang atau jasa dengan baik. Dengan demikian, kebutuhan manusia akan terpenuhi sehingga tercapai taraf hidup sejahtera.



Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi
Manusia melakukan tindakan agar kebutuhannya tercukupi dan mencapai kemakmuran. Tindakan tersebut disebut tindakan ekonomi. Tujuan manusia melakukan tindakan ekonomi antara lain menentukan barang atau jasa sebagai alat pemuas kebutuhan, membedakan kualitas barang, serta mengendalikan pengeluaran secara rasional. oang hendaknyamelakukan tindakan ekonomi dengan tanggung jawab, jujur, dan santun. Selain itu, tindakan ekonomi yang akukan harus rasional agar mendapat hasil yang optimal. Tindakan ekonomi rasional adalah tindakan manusia dalam rangka memenuhi kebutuhan dengan dilandasi sikap rasional dan prinsip ekonomi.

Dalam ilmu ekonomi, alasan seseorang melakukan tindakan ekonomi dikenal dengan istilah motif ekonomi. Motif ekonomi dikelompokkan menjadi motif ekonomi internal dan motif ekonomi ekstenal. Motif ekonomi intemal adalah dorongan dari diri sendiri yang menyebabkan seseorang melakukan tindakan ekonomi. Motif ekonomi ekstemal adalah dorongan seseorang melakukan tindakan ekonomi yang didorong faktor dari luar dirinya. Secara umum motif ekonomi terdiri atas motif untuk memenuhi kebutuhan hidup, motif berbuat sosial, motif mendapatkan penghargaan, dan motif memperoleh kekuasaan.

Dalam melakukan kegiatan ekonomi yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi seseorang sebaiknya menerapkan prinsip ekonomi. Prinsip ekonomi adalah usaha yang disertai pengorbanan serendah-rendahnya dengan hasil tertentu atau dengan pengorbanan tertentu dengan hasil sebesar-besarnya. Prinsip ekonomi dapat diterapkan dalam tindakan ekonomi berkaitan dengan alokasi sumber daya ekonomi. Prinsip ekonomi dapat diterapkan pelaku ekonomi dalam kegiatan produksi, konsumsi, ataupun distribusi.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel