Peran Pemerintah dalam Upaya Menanggulangi Masalah Ketenagakerjaan

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Upaya Pemerintah dalam Mengatasi Masalah Ketenagakerjaan

Peran Pemerintah dalam Upaya Menanggulangi Masalah Ketenagakerjaan

Salah satu faktor dominan dalam kegiatan produksi adalah tenaga kerja. Kualitas tenaga kerja sangat menentukan kuantitas dan kualitas barang jasa yang dihasilkan. Namun demikian, masih banyak masalah dalam bidang ketenagakerjaan di Indonesia. Diperlukan peran pemerintah can masyarakat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Permasalahan Ketenagakerjaan di Indonesia
Ketenagakerjaan menyangkut semua hal yang terkait dengan tenaga kerja. Permasalahan ketenagakerjaan di lndonesia sebagai berikut.

a. Jumlah angkatan kerja lebih besar daripada jumlah kesempatan kerja yang tersedia.
b. Kualitas tenaga kerja masih berdaya saing rendah.
c. Persebaran tenaga kerja tidak merata.
d. Jumlah pengangguran masih tinggi.
e. Tingkat upah rendah.
f. Serbuan tenaga asing di dunia kerja dalam negeri.
.
Upaya Pemerintah dalam Mengatasi Masalah Ketenagakerjaan
Masalah ketenagakerjaan membawa dampak negatif, baik bagi kehidupan ekonomi maupun sosial. Dampak negatif pengangguran antara lainnmenurunnya permintaan dan penawaran secara agregat, menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat, menurunnya penerimaan negara melalui sektor pajak penghasilan, meningkatnya tindak kriminalitas, meningkatnya jumlah masyarakat miskin, dan meningkatnya biaya sosial yang dikeluarkan negara.

Menurut Undang-Undang Dasar 1945 pasal 27 bahwa tiap-tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Untuk mewujudkan tujuan tersebut pemerintah harus mampu mengatasi masalah ketenagakerjaan melalui cara-cara berikut.

a. Menciptakan lapangan pekerjaan yang luas.
b. Meningkatkan kualitas sumber daya tenaga kerja.
c. Meningkatkan minat berwirausaha pada kalangan muda.
d. Memberi bantuan pemodalan dan peraturan yang melindungi pengusaha dalam negeri.
e. Meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja.
f. Memberdayakan perekonomian masyarakat.
g. Menyelenggarakan program keluarga berencana (KB).
h. Melakukan sertifikasi terhadap tenaga kerja sesuai standar internasional.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Peran Pemerintah dalam Upaya Menanggulangi Masalah Ketenagakerjaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel