Pengertian Uang dan Jenis-Jenis Uang

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Pengertian Uang dan Jenis-Jenis Uang

Uang dan Lembaga Keuangan

Uang berpera Dentngdalamkehidupan manusia. Keberadaan uang memudahkan manusia melakukan
pembayaran barang atau jasa. Uang juga memungkinkan perdagangan barang dan/atau jasa berlangsung lebih praktis.

Uang

Uang dikeluarkan oleh otoritas moneter bank sentral untuk menunjang kegiatan perekonomian Suatu negara. Uang adalah segala sesuatu yang digunakan dan diterima seca umum sebagai alat tukar atau standar pengukur nilai. Suatu benda dapat digunakan sebagai uang jika memenuhi syarat-syarat antara lain bemilai stabil, bersifat tahan iama, mudah dibawa dan disimpan, jumlahnya terbatas, mudah bagi-bagi menjadi satuan yang iebih kecil, serta tidak mudah dipalsukan.

kan fungsi uang terdiri atas tungsi asli dan turunan. Fungsi asi uang antara lain sebagai alat tukar dan alat satuan hitung. ungsi turunan uang antara lain sebagai alat pembayaran yang sah, alat pembayaran utang, alat pemindah kekayaan, alat pendorong status sosial, alat penimbun/penyimpan kekayaan, alat pembentuk modal, dan alat pendorong/penggerak kegiatan ekonomi.

Berdasarkan lembaga penerbitnya, uang yang beredar dalam masyaralkat dikelompokkan menjadi uang kartal dan uang giral.

1. Uang kartal meliputi uang kertas dan uang logam. Lembaga yang menerbitkan uang kartal adalah otoritas moneter negara (bank sentral).

2. Uang giral, diartikan alat pembayaran sah berupa surat-surat berharga yaitu saldo rekening koran (rekening badan usaha atau gan) di bank. Lembaga yang menerbit kan uang giral adalah bank umum. Jenis uang giral adaah cek, bilyet giro, dan transfer telegraftis.

Nilai uang dapat dibedakan atas dasar-dasar tertentu seperti berikut.

1. Nilai nominal dan nilai intrinsik. Nilai nominal uang tertulis pada setiap mata uang yang bersangkutan. Nilai intrinsik uang menunjukkan nilai uang berdasarkan bahan pembuatannya. Semakin mahal nilai bahan, semakin-tinggi nilai intrinsiknya.

2. Niai internal dan hilai« eksternal. Niai intemal adalah daya beli uang terhadap barang dan jasa berkaitan dengan tingkat harga barang. Nilai eksternal adalah daya beli uang dalam negeri terhadap mata uang asing.Pada saat kurs rupiah menguat, hilai eksternal uang menguat. Begitu pulan sebaliknya.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Pengertian Uang dan Jenis-Jenis Uang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel