Pengertian Perdagangan Bebas dan Dampaknya

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Perdagangan Bebas

Perdagangan bebas atau pasar bebas adalah sistem perdagangan internasional yang di dalamnya tidak ada hambatan dari negara yang terlibat. Contoh kawasan perdagangan bebas adalah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), ASEAN Free Trade Area (AF TA). Uni Eropa atau Masyarakat Ekonomi Eropa, dan World Trade Organization (WTO).

Pengertian Perdagangan Bebas dan Dampaknya


Pasar bebas dapat berdampak positf dan negatif baginegara yang mengikutinya. Dampak positif perdagangan bebas antara lain memperuas pasar produk, biaya produksi lebih murah karena minimnya hambatan tarif, meningkatkan efisiensi serta kualitas produk, konsumen diuntungkan dengan adanya barang dan/atau jasa yang sangat beragam, mudah memperoleh tenaga kerja bermutu, serta mudah memperoleh modaƂ usaha karena arus investasi dibuka lebar. Adapun dampak negatif pasar bebas sebagai berikut.

1. Akibat persaingan yang tidak seimbang, negara berkembang semakin tertinggal dan tergantung kepada negara maju.

2. Ketatnya persaingan usaha, mengancam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

3. Adanya kebebasan pada hampir semua aspek dapat menimbulkan persaingan usaha tidak sehat.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Pengertian Perdagangan Bebas dan Dampaknya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel