Pengertian Pasar

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar

Pasar adalah sarana bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan jual beli agar tercapai kesepakatan harga. Dalam kegiatan ekonomi pasarberfungsi sebagai pembentuk harga, sarana distribusi, serta promosi barang dan jasa. Pasar berperan penting bagi produsen, konsumen, masyarakat, dan pemerintah. ' Bentuk pasar sangat banyak, misalnya pasar tradisional, pasar modern, pasar barang konsumsi, pasar produsen, pasar modal, pasar lokal, dan pasar nasional. Pengelompokan jenis pasar tersebut bergantung dari sudut pandang yang digunakan. Menurut struktur ekonominya, pasar terdir atas pasar persaingan sempuma dan pasar persaingan tidak sempurna.

Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna (perfect competition markef), yaitu pasar di dalamnyater dapat banyak penjual dan pembeli yang sama-sama mengetahui situasi pasar. Ciri- ciri pasar persaingan sempuma antara lain banyak penjual dan pembeli, barang yang diperjual belikan sejenis (homogen), penjual
maupun pembeli memiliki informasi yang lengkap tentang pasar, harga ditentukan pasar, semua faktor produksi bebas masuk dan keluar pasar, serta tidak ada campur tangan pemerintah.

Pasar Persaingan Tidak Sempurna


Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna (imperfectly competition marke), yaitu pasar yang memiliki ketidak seimbangan antara jumlah penjual dan jumlah pembeli. Penjual Sulit memasuki pasar dan pembeli memiliki pengetahuan terbatas mengenai keadaan pasar. Berdasarkan karakteristik tersebut,
pasar persaingan tidak sempurna dikelompokkan sebagai berikut..

1. Pasar monopoli, yaitu pasar yang hanya terdapat satu penjual untuk menawarkan barang sejenis (homogen) kepada masyarakat. Penjual tidak memiliki pesaing sehingga dapat menentukan harga barang secara sepihak. Contoh pasar monopoll adala PT Perusahaan Listrik Negara yang menguasai penyediaan listrik di Indonesia.

2. Pasar persaingan oligopoli, yaitu pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu barang tertentu sehingga antara penjual yang satu dengan lainnya bisa memengaruhi harga. Bahkan, beberapa pedagang di pasar ini dapat saling bekerja sama untuk menentukan harga. Akibatnya, pasar ditentukan oleh sebagian kecil pedagang. Peran iklan dalam pasar oligopoli sangat besar dalam penjualan barang dagang.

3. Pasar monopsoni, yaitu pasar yang hanya memiliki satu pembeli untuk barang tertentu sehingga pembeli dapat menguasai pasar. Bahkan, pembeli dapat berperan sebagai penentu harga barang yang diperjualbelikan. Contoh pasar monopsoni adalah perusahaan- kopi yang memonopoli pembelian biji kopi dari petani di daerah tertentu.

4. Pasar persaingan monopolistik, yaitu suatu struktur pasar yang terdapat banyak produsen yang menjual produk sama, tetapi dengan berbagai macam corak. Meskipun produknya sejenis, produk yang dihasilkan memiliki diferensiasi sehingga penjual mudah menawarkan produk di pasar. Barang
yang diperjualbeikan di pasar monopolistik antara lain pasta gigi untuk gigi berlubang, gigi sensitif, dan khusus anak anak. Setiap produk yang diperjualbelikan memiliki pangsa pasar sendiri.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Pengertian Pasar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel