Pengertian Koprasi dan Asas-Asas Koprasi

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Asas dan Landasan Koperasi

Koperasi

Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 pasal 5 tentang Perkoperasian, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan prinsip-prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang ber dasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.
Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian pasal 16, penjenisan koperasi didasarkan pada kesamaan kegiatan dan kepentingan ekonomi anggota. Jenis koperasi di Indonesia, yaitu koperasi simpan pinjam, koperasi konsumen, koperasi produsen, koperasi pemasaran dan koperasi jasa.

Pengertian Koperasi


Asas dan Landasan Koperasi
Berdasark Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, koperasi askan kekeluargaan. Asas kekeluargaan dalam koperasi mencerminkan adanya kesadaran dari hati nurani manusia berpartisipasi dalam kegiatan koperasi oleh semua dan untuk semua.

Landasan koperasi meliputi landasan idiil, landasan struktural, landasan operasional, dan landasan mental. Landasan idil atau landasan dasar adalah Pancasila. Landasan struktural adalah Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat (1) yang berbunyi "Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan." Landasan operasional terdiri atas Undang-Undang Nomor 25 Tahun
1992tentang Perkoperasian, anggaran dasar, dan anggaran rumah tangga. Landasan mental berupa kesetia kawanan dan kesadaran pribadi.

Ciri-Ciri dan Prinsip Koperasi
Ciri-ciri koperasi antara lain kumpulan orang bukan kumpulan modal gerakan ekonomi berdasarkan prinsip koperasi Indonesia; sebagai wadah ekonomi dan sosial; serta badan usaha berdasarkan atas
asas kekeluargaan.

Sebagai usaha bersama yang berdasar kan asas kekeluargaan, koperasi memiliki beberapa prinsip. Prinsip koperasi antara lain keanggotaannya bersifat sukarela dan terbuka; pengelolaan dilakukan secara demokratis; pembagian SHU dilakukan Secar adil berdasarkan kontribusi anggota; pemberian balas jasa yang terbatas pada modal (bunga modal); kemandirian; ;pendidikan koperasi; dan kerja sama antar koperasi.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Pengertian Koprasi dan Asas-Asas Koprasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel