Pengertian Ekspor dan Impor

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Kegiatan Ekspor dan Impor

Selain dengan menjalin kerja sama antarnegara, hubungan antarmegara di dunia juga diwujudkan dengan perdagangan internasional.Perdagangan internasional adalah pertukaran barang dan/atau jasa yang melibatkan negara-negara di dunia atas dasar kesepakatan bersama. Dalam kegiatan perdagangan antar negara dikenal istilah ekspor dan impor. Kegiatan ekspor dan impor memberikan berbagai keuntungan. Kegiatan ekspor dan impor membutuhkan alat pembayaran yang dapat diterima secara intemasional. Alat pembayaran internasional berupa devisa meliputi emas, perak, valuta asing, dan wesel asing.

Kegiatan Ekspor dan Impor


Ekspor 
Ekspor merupakan kegiatan memasarkan barang atau jasa dalam negri ke wilayah luar negri. Kegiatan ekspor dilakuakan negara atau badan usaha yang disebut eksportir. Tujuan kegiatan ekspor adalah memperoleh keuntungan dan memasarkan produk dalam negri. Komoditas ekspor Indonesia terdiri atas minyak dan gas (migas) serta nonmigas. Komoditas ekspor nonmigas Indonesia meliputi komoditas pertanian, pertambangan, kehutanan, industri dan kerajinan, serta jasa.

Kegiatan Ekspor dan Impor


Tinggi atau rendahnya nilai ekspor suatu negara dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut di antaranya keadaan pasar luar negeri, keuletan eskportir untuk menangkap peluang pasar, kondisi sosial, ekonomi, dan politik suatu negara. Kegiatan ekspor yang dilakukan suatu negara akan mendatangkan devisa bagi negara tersebut.

Oleh karena kegiatan ekspor membeikan banyak keuntungan, pemerintah berupaya meningkatkan nilai ekspor. Upaya tersebut ditunjang dengan beberapa kebijakan yaitu memberikan kemudahan kepada produsen barang ekspor, menjaga kestabilan nilai tukar, membuat perjanjian dagang internasional, meningkatkan promosi, serta memberikan subsidi dan premi.

Impor
Impor biasa dikatan lawan baliknya dari ekspor, impor adalah mendatangkan barang atau jasa dari luar negri kedalam negri. Orang atau badan usaha yang melakukan 

kegiatan impor disebut importir. Para importir wajib memiliki surat izin impor berupa Angka Pengenal Importir Terbatas (APIT). Komoditas impor Indonesia meliputi barang modal, bahan baku dan penolong, barang konsumsi, dan minyak bumi. Impor barang modal antara lain mesin pabrik, pesawat, dan barang elektronik.

Barang-barang impor menjadi pesaing bagibarang-barang yang diproduksi pengusaha dalam negeri. Oleh karena itu, dalam kegiatan impor pemerintah melakukan berbagai kebijakan untuk melindungi industri dalam negeri. Kebijakan tersebut antara iain kebijakan tarif impor, larangan impor, devaluasi, penyempurnaan tata niaga impor patokan harga, pembinaan kepada importir, serta pembatasan nilai impor.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Pengertian Ekspor dan Impor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel