Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Sebagai negara kepulauan, Indonesia terdiri darii banyak pulau yang dihuni oleh iebih dari 200 juta penduduk yang memitiki suku bangsa serta adat istiadat yang berbeda-beda tetapi tetap bersatu dalam satu wadah yang utuh, yaitu NKRI. Negara Indonesia juga disebut negara maritim karena pulau-pulaunya dikelilingi oleh lautan yang luas, bahkan luas perairan indonesia lebih besar daripada luas daratannya.

Negara Kesatuan Republik Indonesia tidak berdiri dengan sendirinya, tetapi melalui perjuangan yang sangat panjang yang dilakukan oleh para pejuang dan seluruh rakyat Indonesia. Mereka dengan sangat rela mengorbankan harta benda, bahkan nyawa demi mencapai kemerdekaan negara Indonesia.

Persatuan dan kesatuan lndoriesia telah dicontohkan oleh para pejuang bangsa dalam menggapai kemerdekaan. Persatuan dan kesatuan bangsa akan menjadikan NKRI tetap utuh, aman, tenteram, dan damai. Negara yang utuh, aman, tenteram, dan damai memungkinkan kegiatan pemerintahan bisa berjalan dengan baik. Tekad dan keinginan untuk bersatu sebenarnya telah ada sejak zaman dahulu. Bahkan dengan adanya perbedaan yang dimiliki bangsa Indonesia, seorang pujangga bernama Empu Tantular menciptakan sebuah semboyan, "Bhinneka Tunggal Ika" yang mempunyai arti walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Semboyan tersebut mengukuhkan Indonesia sebagai bangsa yang
bersatu, bangsa yang menghormati perbedaan, dan bangsa yang menghargai keanekaragaman budaya.

Keinginan untuk bersatu tidak juga terwujudkan karena adanya perselisihan di antara rakyat Indonesia sehingga menghalangi persatuan dan kesatuan. Hai ini tentu saja menguntungkan bangsa asing karena mempermudah mereka untuk memecah belah dan menguasai bangsa kita. Oleh sebab itu, bangsa kita mengalami penjajahan ratusan tahun lamanya.

Namun, pada abad ke-20 perlawanan bangsa Indonesia mulai mengalami perubahan. Adanya perasaan senasib dan sepenanggungan membuat mereka bertekad untuk bersatu. Selain itu, mulai bermunculannya organisasi-organisasi terutama yang bergerak di bidang pendidikan teiah membakar semangat padajiwa para pemuda. Organisasi-organisasi tersebutmempromosikan kebangsaan Indonesia tanpa membedakan latar beiakang yang bersitat kesukuan, ras, agama, ataupun golongan.

Persatuan dan kesatuan telah terbukti mampu menjadi senjata untuk mengusir penjajah dari Indonesia. Para pahlawan bersatu padu untuk melawan para penjajah dan menghentikan penderitaan bangsa indonesia. Perjuangan yang dilakukan dengan susah payah mencapai puncaknya pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada saat itulah dikumandangkan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta.

Sifat para pahlawan yang Patut di Teladani


Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia memiliki arti penting bagi bangsa indonesia, yaitu
sebagai berikut.
a. Lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b. Puncak perjuangan pargerakan kemerdekaan sejak 20Mei 1908.
c. Titik tolak pelaksanaan amanat penderitaan rakyat.

Oleh karena itu, kemerdekaan yang susah payah didapatkan harus kita pertahankan. Adapun yang berkewajiban untuk mempertahankannya adalah seluruh warga negara Indonesia tanpa kecuali.
Dangan berbagai upaya kita mempertahankan NKRI,berarti kita sudah menghargai jasa-jasa para pahlawan.

Dalam memperjuangkan kemerdekaan, para pahlawan mempunyai sifat-sifat yang harus kita teladani antara lain sebagai berikut.
a. Berjuang dengan sepenuh hati.
b. Tidák kenal leah.
c. Berjuang tanpa pamrih.
d. Berjuang untuk rakyat.
e. Gigih
f. Selalu bersemangat.

Agar dapat berhasil dalam mempertahankan negara, kita harus bisa bekerja sama. Namun, kita sadari bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan budaya yang berbeda-beda sehingga besar kemungkinannya terjadi konflik. Hal seperti itulah yang harus kita hindari. Di sisi lain perbedan inila yarg bisa erpotensi menjadi modal kekayaan bangsa kita. Karena jika bisa dlpupuk dan dipelihara, hal ini justru menjadi kekuatan hebat untuk menangkai ancaman dan gangguan yang ingin memecah belah bangsa Indonesia.

Upaya mempertahankan NKAI juga menjadi tanggung jawab kita. Oleh karena itu, kita harus membiasakan hidup rukun di antara perbedaan dalam kehidupan sehari-hari. Harus diingat bahwa di samping perbedaan, kita juga memiliki persamaan. Perbedaan merupakan kekayaan dan berpotensi menjadikekuatan, sedangkan persamaan yang ada merupakan modai utamą untuk membangun bangsa.

Indonesia selalu berusaha menjaga keutuhan wilayahrya, termasuk di dalamnya pemerintah dan aparat keamanan untuk bersama-sama serta bersatu padu menjaga keamanan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik ndonesia. Umukmenjaga keutuhan Nogara Kesatuan Repubik Indonesia dipertukan sikap-sikap sebagai berikut.

Menyelenggarakan kerja sama antar daerah


Cinta tanah air, dapat diwujudkan dalam berbagai perilaku berikut.
1. Menjaga keamanan wilayah negara dari ancaman yang datang baik dari luar maupun dari dalam negeri.
2. Menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.
3. Mengolah kekayaan alam dengan selalu menjaga ekosistem guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.
4. Rajin belajar guna menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dari berbagai disiplin ilmu untuk diabdikan kepada negara.
5. Membina persatuan dan kesatuan, dapat diwujudkan dalam berbagai perilaku berikut.

Menyelenggarakan kerja sama antar daerah
1. Menjalin pergaulan antarsuku bangsa.
2. Memberi bantuan tanpa membedakan suku bangsa atau asal daerah.
3. Mempelajari berbagai kesenian dari daerah lain.
4. Memperluas pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
5. Mengerti dan merasakan kesedihan atau penderitaan orang lair serta tidak mudah marah atau menyimpan dendam.
6. Menerima teman tanpa mempertimbangkan perbedaan suku, agama, bahasa maupun kebudayaan.

Rela berkorban. Sikap rela berkorban merupakan sikap yang mencerminkan adanya kesediaa dan keikhlasan memberikan sesuatu yang dimiliki untuk orang fain, walaupun akan menimbulkan pendertaan bagi di rdin, Dalam pengertien yang lebin sederhana rela berkorban adalah sikap dan prilalu vang tindakannya dilakuan dengan ikhlas serta mendahulukan kepentigan orang lain daripada kepentingan diri sendiri.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel