Mengenal Negara Kesatuan Republik Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:



Mengenal Negara Kesatuan Republik Indonesia

Pasal 1 ayat (1) UUD 1945 menyatakan bahwa "Negara Indonesia iala Negara Kesatuan yang berbentuk Republik". Pernyataan tersebut menegaskan bahwa bentuk negara Indonesia adalah negara kesatuan dan bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik. Negara kesatuan merupakan suatu negara yang merdeka dan berdaulat. Di dalam negara kesatuan, yang berkuasa di seluruh negara adalah pemerintah pusat.

Sistem Sentralisasi, Sistem Desentralisasi


Negara kesatuan merupakan negara yang bersusunan tunggal, artinya hanya ada satu pemerintahan pusat yang memiliki kekuasaari untuk mengatur seluruh daerah dan tidak ada negara-negara bagian ataupun daerah yang bersifat negara.

Dalam negara kesatuan hanya ada satu kepala negara, satu undang-undang dasar, satu kepala pemerintahan, dan satu parlemen yang mewakili seluruh rakyat. Pemerintah pusat menduduki tingkat tertinggi dan dapat menentukan segala sesuatu yang terjadi dalam negara.

Berikut adalah ciri-ciri negara kesatuan.
a. Adanya satu pemerintahan pusat yang memegang seluruh kekuasaan pemerintahan.
b. Adanya satu konstitusi yang berlaku di seluruh wilayah negara.
c. Adanya seorang kepala negara atau kepala pemerintahan untuk seluruh rakyat.
d. Kekuasaan pemerintah bisa diselenggarakan dan dikendalikan oleh pemerintah pusat.

Penyelenggara negara kesatuan dapat dilakukan melalui dua cara yaitu sebagai berikut.

Sistem Sentralisasi
Dalam sistem ini, segala sesuatu dalam negara langsung diatur dan diurus oleh pemerintah pusat, sedangkan daerah tinggal melaksanakan.

Sistem Desentralisasi
Dalam sistem ini, daerah diberikesempatan untuk mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri yang berarti bahwa daerah menmiliki hak otonomi untuk menyelenggarakan pemerintahan.

Pengertian Sistem Desentralisasi


Negara Indonesia menerapkan sistem desentralisasi. Hal tersebut ditegaskan dalam UUD 1945
pasal 18 ayat (2) yang berbunyi, "Pemerintahan daerah provinsi, daerah kabupaten, dan kota mengatur dan merngurus sendiri urusan pemerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan".

Melalui otonomi yang diberikan pemerintah pusat kepada daerah diharapkan akan memicu tercapainya pemerataan pembangunan, karena sebagian besar masyarakat Indonesia tinggal di desa-desa yang berada di daerah. Dengan adanya otonomi dasrah diharapkan pemerintah daerah dapat mewakili pemerintah pusat dalam melayani, mengakomodasi ketbutuhan, dan menyelesaikan persoalan-persoalan daerah masing-masing.

Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik. Kata republik berasal dari kata res publica, res arinya kepentingan, publica artinya umum. Jadi, republik adalah bentuk pemerintahan umum (rakyat). Pemerintahan republik adalah bentuk pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan urntuk rakyat dengan

ciri-ciri sebagai berikut.
a. Dipimpin oleh seorang presiden.

b. Kepala.negara memperoleh kedudukannya berdasarkan pilihan rakyat (pemilu) dan menduduki jabatan untuk jangka waktu tertentu (terbatas).

Di lndonesia, kedudukan presiden adalah sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Dalam menjalankan tugasnya, presiden dibantu wakil presiden dan para menteri. Para menteri diangkat dan ciberhentikan oleh presiden.Oleh karena itu, mereka bertanggung jawab kepada presiden. Presiden dipili berpasangan dengan wakil presiden secara langsung oleh rakyat dengan masa jabatan lima tahun, Selanjutnya dapat dipilih kembali untuk satu kali masa jabatan.

Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan jwa Pancasila yang menghendaki persatuan dan kesatuan. Hai ini juga sesiiai dengan semboyan negara kita Bhinneka Tunggal lka yang artinya walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu jua.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Mengenal Negara Kesatuan Republik Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel