Masa Orde Baru

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Orde Baru

Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) menjadi tonggak awal lahirmya pemerintahan Orde Baru. Supersemar adalah surat perintah yang ditandatangani Presiden Soekamo pada 11 Maret 1966. Surat ini berisi instruksi kepada Letjen Soeharto, selaku Panglima Komando Operasi Keamanan dan Ketertiban (Pangkopkamtib), untuk mengambil tindakan yang dianggap perlu guna mengatasi situasi keamanan yang tidak stabil pada saat itu.

Stabilisasi Politik dan Keamanan pada masa orde baru


Pengukuhan Supersemar menyebabkan Presiden Soekarno tidak bisa mencabut mandatnya kepada Letjen Soeharto sehingga kedudukan Soekamo sebagai presiden semakin lemah. MPRS mencabut Ketetapan Nomor Il/MPRS/1963 tentang pengangkatan Soekarno sebagai presiden seumur hidup. Akhirnya, Presiden Soekarno mengundurkan diri dari jabatannya secara resmi pada 22 Februari 1967. Pada masa Orde Baru kebijakan yang diterapkan Presiden Soeharto sebagai berikut.

Stabilisasi Politik dan Keamanan
Untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan, pemerintah melakukan berbagai upaya antara lain penerapan politik luar negeri bebas aktit, kebijakan fusi atau penyederhaan partai politik, serta pelaksanaan pemilihan umum (pemilu).

Stabilisasi Politik dan Keamanan Pada Masa Orde Baru


Penyeragaman Ideologi
Orde Baru berusaha melaksanakan Pancasila secara murni dan konsekuen. Pemerintah juga melakukan penyeragaman ideologi melalui ideologi Pancasila. Dalam pembukaan Kongres
Nasional Pramuka pada 12 Agustus 1976 Presiden Soeharto mengemukakan gagasan mengenai pedoman penghayatan dan pengamalan Pancasila (P4) melalui Eka Prasetya Pancakarsa. .

Orde Baru


Penerapan Dwifungsl ABRI
Pada masa Orde Baru terjatin hubungan harmonis antara militer dan sipil. Perananggota ABRI di bidang militer harus seimbang dengan perannya di bidang sosial dan politik. Pemikiran inilah yang melahirkan konsep dwi fungsi ABRI. Penmerintah memasukkan ABRI menjadi salah satu fraksi di DPR. Kedudukan ABRI di DPR menimbulkan dominasi militer dalam kehidupan sosial politik

Rehabilitasi Ekonomi
Rehabilitasi ekonomi bertujuan menciptakan stabilitas nasional. Pemerintah menerapkan kebijakan penanggulangan masalah utang piutang negara, kerja sama dengan IMF, serta pemberlakuan undang- undang PMA dan PMDN.

Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia Pada Masa Orde Baru


Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia
Landasanformal pada periode Orde Baru adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, serta ketetapan MPRS. Dalam pemerintahan Orde Baru presiden menjadi pusat kekuasaan dari seluruh proses politik di lndonesia. Lembaga kepresidenan merupakan pengontrol utama lembaga negara lain,
baik bersifat suprastruktur (DPR, MPR, DPA, BPK, dan MA) maupun infrastruktur (LSM dan partai politik).

Kebijakan Pembangunan Pemerintah Orde Baru


Kebijakan Pembangunan Pemerintah Orde Baru
Pemerintah Orde Baru melaksanakanmprogram pembangunan nasional yang bertumpu pada Trilogi Pembangunan. Isi Trilogi Pembangunan sebagai berikut.
1. Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya menuju terciptanya keadilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
2. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi.
3. Stabilitas nasional yang sehat dan dinamis.

Pemerintah Orde Baru melaksanakan- pembangunan di berbagai bidang untuk mencapai tujuan nasional. Dalam bidang pertanian, pemerintah Indonesia menerapkan Revolusi Hijau. Dalam bidang pendidikan pemerintah berusaha memberantas buta huruf melalui program Bebas Tiga Buta (B3B)
dan Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GNOTA). Pemerintah juga mengeluarkan kurikulum sebagai panduan pendidikan di Indonesia. Dalam bidang ekonomi pemerintah meningkatkan peran BUMN danmemperluas lapangan kerja. Adapun pembangunan di bidang sosial budayadilakukan dengan mengadakan program transmigrasi, mengarahkan perkembangan budaya untuk memperkuat
kepribadian bangsa, dan mengadakan pengamanan seni.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Masa Orde Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel