Manusia sebagai Makhluk Sosialdan Ekonomi yang Bermoral

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Makhluk Ekonomi

Manusia sebagai Makhluk Sosialdan Ekonomi yang Bermoral 

Secara kodrati manusia merupakan makluk sosial dan makhluk ekonomi. Sebagai makhluk sosial, manusia akan membutuhkan manusia lainnya. Sementara itu, sebagai makluk ekonomi, manusia selalu ingin memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari kedua sifat tersebut manusia akan saling bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sikap tersebut ditunjukkan dalam upaya manusia melakukan kegiatan ekonomi. Sebagai makhluk yang bermoral, manusia akan melakukan kegiatan ekonomi secara rasional.

Manusia sebagai Makhluk Sosial dan Makhluk Ekonomi
Makhluk sosial menunjukkan sifat manusia saling berhubungan secara timbal balik dengan orang lain. Pada saat menjalankan perannya sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama orang lain. Melalui interaksi sosial dengan anggota masyarakat, manusia berusaha memenuhi kebutuhan hidup yang terus bertambah dan beragam. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial karena patuh terhadap aturan atau norma sosial, memiliki kebutuhan berinteraksi, dan memiliki potensi berkembang dalam kehidupan masyarakat. Sifat tersebut akan membentuk beberapa fungsi, yaitu manusia tunduk pada aturan, nilai, dannomasosial yang berlaku; mengharapkanpeng hargaan dari lingkungan sekitar; serta memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain.

Manusia Berperan sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi Bermoral


Makhluk ekonomi (homo economicus) diartikan sebagai manusia yang selalu berusaha memenuhi kebutuhan hidup melalui kegiatan ekonomi secara rasional berdasarkan prinsip ekonomi. Prinsip ekonomi adalah kegiatan membandingkan jumlah biaya/pengorbanan dengan pemenuhan kebutuhan. Manusia sebagai. makhluk ekonomi melakukan tindakan ekonomi dengan mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan dan hasil yang diperoleh. Dengan pengorbanan tertentu, manusia berusaha memenuhi kebutuhan secara memuaskan. Atau dengan pengorbanan serendah-rendahnya manusia berusaha memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.

Manusia Berperan sebagai Makhluk Sosial dan Ekonomi Bermoral
Keterkaitan antara peran manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi tampak pada upaya manusia melakukan kegiatan ekonomi. Sejalan dengan kemajuan peradaban, peran manusia sebagai makhluk sosial dapat dilihat dari beberapa kegiatan. Misalnya, manusia mengembangkan sikap peduli sosial melalui pemberian bantuan bagi korban bencana alam.

Dalam rangka melaksanakan perannya sebagai makhluk ekonomi, manusia harus mem- perhatikan aspek moral agar tidak mengganggu kepentingan orang lain. Aspek moral muncul dari ketidak mampuan manusia untuk hidup sendiri. Manusia juga perlu memiliki aspek ekonomi dengan bersikap rasional, memiliki kepentingan individu, serta mengetahui informasi barang dan/ atau jasa.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Manusia sebagai Makhluk Sosialdan Ekonomi yang Bermoral "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel