Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Empat Sifat Kedaulatan

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kata keutuhan berasal dari kata utuh yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti dalam keadaan sempurna seperti semula. Utuh juga berarti tidak bercerai berai atau tidak terpecah belah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia artinya bahwa Indonesia merupakan negara kesatuan yang memiliki kedaulatan, memiliki tujuan nasional, dan berdiri secara utuh, baik wilayahnya, rakyatnya, maupun pemerintahnya. Adapun keutuhan NKRI juga bisa ditunjukkan melalui hal-hal berikut.

a. Indonesia yang utuh dan tidak mudah terpecah belah.
b. Hubungan yang baik antara pemerintah dan rakyat
c. Tidak ada pergolakan, peperangan, pemberontakan, ataupun perpecahan di antara rakyat.
d. Situasi negara yang aman, nyaman, dan damai.

Negara Kesatuan Republik Indonesia terbentuk melalui Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dari penjajahanBelanda dan Jepang. Setelah memproklamasikan dirig Indonesia menjadi sebuah negara yang merdeka dan berdaulat. Oleh karena itu, negara Indonesia mempunyai kedaulatan. Kedaulatan adalah kekuasaan tertinggi atau kekuasaan yang tidak terletak di bawah kekuasaan lain. Kedaulatan negara mempunyai kekuatan berlaku ke dalam dan ke luar.

a. Kedaulatan ke dalam, artinya pemerintah mempunyai wewenang tertinggi untuk menjalankan pemerintahan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

b. Kedaulatan ke luar, artinya pemerintah mempunyai kekuasaan tertinggi untuk memelihara keutuhan wilayah dan mempertahankan wilayahnya terhadap serangan dari pihak luar.

Pemerintah hanya tunduk pada ketentuan yang telah ditetapkan dan tidak terikat kepada ketentuan'
lain sehingga negara lain harus menghormati kekuasaan negara tersebut dan tidak boleh ikut campur j
urusan dalam negerinya.

Kedaulatan memiliki empat sifat pokok, yaitu sebagai berikut.

1. Asli, artinya kekuasaan itu tidak berasal dari kekuasaan lain yangebih tinggi.
2. Permanen (bulat), artinya kekuasaan itu tetap ada selama negara itu berdiri, meskipun pemegang kedaulatan telah berganti.
3. Tunggal, artinya hanya negaralah yang mempunyai kekuasaan tertinggi.
4.Tidak terbatas (absolut), artinya kekuasaan tidak dibatasi oleh siapa pun karena jika dibatasi. kekuasaan tertinggi yang dimiliki negara akan lenyap.

Sebagai warga negara indonesia, kita harus menjaga kedaulatan negara untuk mempertahankan martabat dan keutuhan bangsa. Terlebih lagi bagi kita sebagai generasi muda harus mampu menjaga keutuhan negara untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan ini.

Tanpa adanya tekad dari bangsa untuk mempertahankan keutuhan wilayah indonesia, akan banyak gangguan dan ancaman yang datang. Ancaman adalah setiap upaya/kegiatan baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang dinilai mengancam/membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, negara, dan keselamatan segenap bangsa.

Ancaman dari dalam negeri dan Ancaman dari luar negeri


Berbagai ancaman yang ada dapat dikategorikan ke dalam dua macam, yaitu sebagai berikut.

Ancaman dari dalam negeri
Contoh ancaman yang berasal dari dalam negara kita yang dapat menimbulkan perpecahan antara lain sebagai berikut.
a. Perilaku yang melanggar norma hukum maupun agama.
b. Perselisihan antaretnis.
c. Kerusuhan
d. Separatisme (kegiatan untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Ancaman dari luar negeri
a. Bidang politik, antara lain ikut campurnya negara lain dalam masalah yang timbul di indonesia dan adanya tindakan yang dilakukan oleh negara lain untuk menguasai wilayah Indonesia.
b. Bidang ekonomi, antara lain kekayaan alam indonesia yang dikuasai oleh negara lain secara tidak bertanggung jawab sehingga menyengsarakan rakyat Indonesia.
c. Bidang sosial budaya, antara lain masuknya budaya asing yang negatif dan tidak sesuai dengan
kepribadian masyarakat lndonesia.

Untuk menjaga keutuhan wilayah negara lndonesia kita harus mengenal batas-batas wilayah negara Indonesia, yaitu sebagai berikut.
1. Di sebelah utara berbatasan dengan Malaysia, Filipina, dan Singapura.
2. Di sebetah timur berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik.
3. Di sebelah selatan berbatasan dengan Australia, Timor Leste, dan Samudra Hindia.
4. Di sebelah barat berbatasan dengan Samudra Hindia.

batas wilayah laut Indonesia


Perbatasan wilayah negara yang satu dengan negara lainnya ditentukan dengan perjanjian yang dibuat di antara dua negara (perjanjan bilateral) atau dibuat oleh banyak negara (perjanjian multilateral).

Adapun perbatasan antara dua negara dapat berupa perbatasan alam, seperti pegunungan, lembah, danau, sungai, dan yang lainnya secara alami. Ada pula yang berupa perbatasan buatan, seperti pagar kawat berduri, pagar tembok, dan tugu serta perbatasan menurut imu pasti yaitu menggunakan ukuran garis lintang atau garis bujur pada peta bumi.

Tujuan diadakannya penentuan batas wilayah negara adalah agar setiap negara mengetahui kejelasan batas wilayah kedaulatannya. Penentuan batas wilayah negara sangat penting bagi keamanan dan kedaulatan suatu negara. Hal tersebut berkaitan dengan pemanfaatan kekayaan alam dan penyelenggaraan pemerintahan, serta kejelasan status orang-orang yang berada dalam negara tersebut.

Negara Indonesia menerapkan batas aut wilayah negara menggunakan hukum laut internasional yang berlaku di seluruh dunia. Sesuai hukum laut internasional, batas wilayah laut Indonesia sebagai berikut.

1. Batas Laut Teritorial
Batas laut teritorial adalah batas wilayah laut sejauh 12 mil diukur dari garis pantai paling luar
Indonesia. Jika berbatasan dengan negara lain atau negara tetangga, batas laut teritorial ditetapkan
menurut perjanjian dengan negara tersebut.

2. Batas Zona Tambahan
Dalam zona tambahan, batas laut selebar 12 mil aut yang diukur dari garis atau batas luar laut teritorial atau lebar zona tarhbahan adalah 24 mil laut diukur berdasarkan garis lurus yang ditarik dari garis dasar atau garis pantai ketika air surut.

3. Batas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE)
Batas wilayah iaut dalam ZEE indonesia lebarnya 200 mil diukur dari garis pangkal laut wilayah Indonesia ke lautan bebas.

4. Batas Landas Kontinen (Continental Self)
Landas kontinen adalah daratan yang berada di bawah permukaan air di luar laut teritoriat sedalam 200 meter atau lebih.

Batas Laut Pedalaman
Batas laut pedalaman adalah lautan dan selat yang berada pada bagian dalam garis dasar yang menghubungkan pulau-puiau dalam wilayah suatu negara.

Mengenai batas wilayah udara dapat dijelaskan sebagai berikut. Wilayah udara meliputi.daerah yang berada di atas wilayah negara atau di atas wilayah darat dan wilayah laut teritorial suatu negara. Teori tentang batas wilayah udara adailah sebagai berikut.

Pengertian Teori Udara Bebas


Teori Negara Berdaulat di Udara 
Teori negara berdaulat di udara meliputi tiga teori yaitu sebagai berikut.

a. Teori perngawasan, kedaulatan negara ditentukan oleh kemampuan negara dalam mengawasi ruang udara di atas wilayahnya.

b. Teori ucara, wilayah udara meliputi suatu ketinggian dari kemampuan udara untuk mengangkat (mengapungkan) balon dan pesawat udara.

c. Tecri keamanan, negara mermpunyai kedaulatan terhadap udaranya termasuk untuk menjaga keamanannya.

Teori Udara Bebas
Teori udara bebas meliputi sebagai berikut.

a. Kebebasan Udara Terbatas
1) Untuk memelitara keamanan dan keselamatan, setiap negara berhak mengambil suatu
tindakan tertentu.
2) Negara hanya mempunyai hak sebatas wilayah teritorialnya.

b. Kebebasan Ruang Udara Tanpa Batas
Tidak ada negara yang mempunyai hak dan kedaulatan di ruang udara sehingga ruang udara itu bebas dan dapat digunakan oleh siapa pun.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel