Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi dan Kebutuhan Manusia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi, Kebutuhan Manusia

Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi dan Kebutuhan Manusia

Dalam memenuhi kebutuhan, manusia dihadapkan pada dua keadaan. Keadaan pertama, kebutuhan manusia tidak terbatas. Keadaan kedua, alat pemuas kebutuhan berupa barang atau jasa jumlahnya terbatas. Kesenjangan antara jumlah kebutuhan yang tidak terbatas danalat pemuas kebutuhan yang terbatas dapat menimbulkan kelangkaan.

a. Kelangkaan sebagai Permasalahan Ekonomi
Seiring perkembangan zaman, kebutuhan manusia semakin bertambah dan beragam. Sementara itu, pertambahan barang atau jasa yang dihasilkan dan sumber daya alam jumlahnya terbatas. Adakalanya barang atau jasa sulit didapat dan harganya mahal karena kegagalan produksi dan bencana alam. Kelangkaan juga dapat disebabkan jumlah barang atau jasa yang diminta melebini jumlah barang atau jasa yang ditawarkan. Untuk mengatasi kelangkaan, konsumen hendaknya melakukan konsumsi secara bijak berdasarkan prioritas kebutuhan. Sebaliknya, produsen hendaknya mampu memecahkan permasalahan ekonomi modern. Permasalahan ekonomi modern terdiri atas pertanyaan what (produk apa yang akan dibuat), howtbagaimana cara membuat produk tersebu), dan for whom (untuk siapa produk tersebut dibuat?).

b. Kebutuhan Manusia
Kebutuhan adalah barang atau jasa yang harus dipenuhi manusia agar dapat hidup layak dan sejahtera. Jika kebutuhan barang atau 

jasa tidak dipenuhi, kehidupan manusia akan terganggu. Kebutuhan manusia dikelompokkan sebagai berikut.

1. Menurut tingkatan kepentingan (intensitas), kebutuhan terdiri atas kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

2. Menurut sifatnya, kebutuhan terdiri atas kebutuhan jasmani (fisik) dan kebutuhan rohani (jiwa) 

3. Menurut waktu pemenuhannya, kebutuhan terdiri atas kebutuhan sekarang dan kebutuhan masa depan.

4. Menurut subjek, kebutuhan terdiri atas kebutuhan pribadi (individu) dan kebutuhan kelompok (kolektif).

Alat pemuas kebutuhan dapat dikelompokkan sebagai berikut.
1. Menurut kelangkaan dan cara memperolehnya, alat pemuas kebutuhan terdiri atas barang ekonomi, barang bebas, dan barang illith.

2. Menurut hubungan dengan barang lain, alat pemuas kebutuhan terdiri atas barang substitusi/pengganti dan barang komplementer/pelengkap.

3. Menuruttujuan penggunaannya, alat pemuas kebutuhan terdiri atas barang produksi/modal dan barang konsumsi.

4. Menurut proses pembuatan, alat pemuas kebutuhan terdiri atas barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi.

5. Menurut jaminan, alat pemuas kebutuhan terdir atas barang bergerak dan barang tidak bergerak.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Kelangkaan Sumber Daya Ekonomi dan Kebutuhan Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel