Kegiatan Ekonomi, Kegiatan Produksi dan Kegiatan Distribusi

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Kegiatan Ekonomi, Kegiatan Produksi dan Kegiatan Distribusi


Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi akan terus dilakukan manusia. Kondisi ini karena kebutuhan manusia. Semakin bertambah, sementara alat pemuas kebutuhan terbatas. Dalam kehidupan sehari-harikegiatan ekonomi terdiri atas produksi, distribusi, dan konsumsi.

Kegiatan Produksi
Produksi adalah kegiatan menghasilkan atau meningkatkan nilai guna barang atau jasa. Kegiatan produksi memerlukan kemampuanprodusen dalam mengombinasikan faktor-faktor produksi secara efisien. Melalui kegiatan produksi, nilai guna suatu barang dan jasa akan bertambah. Nilai guna barang dan jasa dapat dikelompokkan menjadi nilai guna dasar, nilai guna bentuk, nilai guna tempat, nilai guna waktu, nilai guna kepemilikan, dan nilai guna pelayanan.

Pengertian Kegiatan Distribusi


Untuk melakukan produksi, produsen perlu mempertimbangkan pertanyaan what, how, dan for whom. Kegiatan produksi memerlukan sumber daya ekonomi atau disebutfaktor produksi. Faktor produksi terdiri atas, faktor produksi alam, faktor produksi tenaga kerja, faktor produksi modal, dan faktor kewirausahaan.

Kegiatan Distribusi
Kegiatan distribusi berperan besar dalam menyalurkan barang dan/atau jasa dari produsen kepada masyarakat. Kegiatan distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dan/atau jasa dari produsen kepada konsumen. Jenis kegiatan distribusi dapat dikelompokkan sebagai berikut.

1. Distribusi langsung, yaitu proses penyaluran barang atau jasa dari produsen ke konsumen secara langsung. Pada proses penyaluran ini tidak diperlukan peran perantara.

2. Distribusi semilangsung, yaitu proses penyaluran barang dan/atau jasa melalui unit usaha milik produsen.

3. Distribusi tidak langsung, yaitu proses penyaluran barang atau jasa melalui lembaga perantara atau penyalur antara lain toko, agen, makelar, eksportir/ importir, dan pedagang.

Kegiatan Konsumsi
Kegiatan konsumsi adalah kegiatan menghabiskan dan/atau mengurangi nilai guna barang atau jasa untuk memperoleh kepuasan optimal. Konsumsi bertujuan memenuhi kebutuhan hidup dalam rangka menjaga kelangsungan hidup. Kegiatan konsumsi dilakukan rumah tangga keluarga (konsumen), perusahaan, dan negara.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Kegiatan Ekonomi, Kegiatan Produksi dan Kegiatan Distribusi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel