Karakteristik Wilayah Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Karakteristik Wilayah Indonesia

Karakteristik Wilayah Indonesia

NKRI sebagai negara kepulauan yang bercir Nusantara mempunyai kedaulatan atas wilayahnya serta memiliki hak-hak berdaulat di luar wilayah kedautatannya dan kewenangan tertentu lainnya untuk dikelola dan dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat indonesia sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945.

Wilayath NKRI yang selanjutnya disebut dengan wilayah negara adalah salah satu unsur negara yang merupakan satu kesatuan wilayah daratan, perairan pedalaman, perairan kepulauan, dan laut teritorial beserta dasar laut dan tanah di bawahnya, serta ruang udara di atasnya, termasuk seluruh sumber kekayaan yang terkandung di dalamnya.

Wilayah yang dimiliki negara Indonesia merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa, karena tidak setiap negara mempunyai wilayah seperti ilayah kita. Oleh karena itu, kita harus memanfaatkannya untuk kemajuan bangsa kita.

Bangsa Indonesia mempunyai perasaan sebangsa, setanah air, dan senasib sepenanggungan sehingga mempunyai satu tekad untuk mencapai cita-cita bersama. Kita juga mempunyai satu kesatuan pertahanan dan keamanan untuk seluruh kepuiauan Nusantara. Artinya, setiap ada ancaman terhadap satu pulau atau daerah, ancaman tersebut juga merupakan ancaman seluruh bangsa dan negara kita. Oleh karena itu, kita mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk mempela dan mempertahankan bangsa dan negara kita.

Adapun karakteristik wilayah negara Indonesia meliputi sebagai berikut.

Indonesia merupakan Negara Kepulauan

Negara kepulauan adalah negara yang terdiri dari pułau-pulau atau gugusan kepulauan yang dipersatukan oleh laut. Bangsa ndonesia menyebut kepulauan Indonesia bercirikan Nusantara. Hat tersebut sesuai dengan bunyi UUD 1945 pasal 25A, "Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebua ara kepuauanyngbercri Nusantaradengan wilayah yang batas balas clan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang". Nusantara berasal dari kata nusa dan antara. Nusa arinya anaramaksucnya bahwa pulau-pulau tersebut berada di antara dua benua dian dua samudra.

Indonesia merupakan Negara Kepulauan


Letak Garis Bujur dan Lintang
Garis bujur adalah garis yang membujur utara-selatan. Garis bujur dihitung dari Greenwich, sebuah kota di Inggris. Karena Indonesia terletak di sebelah timur Greenwich yaitu antara 95° BT-141° BT, Indonesia terletak pada garis bujur timur 95° BT-141° BT. Letak berdasarkan garis bujur ini penting untuk mengetahui perbedaan waktu ci berbagai tempat. Di lndonesia terdapat tiga pembagian daerah waktu, yaitu sebagai berikut.

Letak Garis Bujur dan Lintang


a. Waktu lndonesia Barat (WIB), meliputi keseluruhan provinsi di Sumatra, Jawa, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

b. Waktu lndonesia Tengah (WITA), meliputi keseluruhanprovinsi di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Katimantan Selatan, Bali, NTB, NTT, dan Sulawesi.

b. Waktu IndonesiaTimur (WIT), meliputi keseluruhan provinsi di Papua, Maluku, dan Maluku Utara.

Antara WIT dan WITA selisih waktunya 60 menit. Begitu pula antara WITA dan WIB, sedangkan antara WIT dan WIB mempunyai selisih waktu 120 menit.

Garis lintang adalah garis yang melingkari bumi dengan arah timur-barat. Garis ini sejajar dengan garis khatulistiwa atau ekuator. Garis ini membagi bumi menjadi dua sama besar, yaitu belahan bumi bagian utara dan baçian selatan. Sebagian besar wilayah indonesia terietak di belahan bumi selatan. Garis yang berada di utara ekuator disebut lintang utara (LU), sedangkan yang di selatan ekuator disebut lintang selatan (LS). indonesia terletak antara 6° LU-11° LS. Maka secara lengkap dapat kita sebutkan bahwa letak Indonesia adalah di antara 6° LU-11° LS dan 95° BT-141° BT. Letak berdasarkan garis bujur dan garis lintang disebut dengan letak astronomis.

Letak Geografis dan lklim Indonesia
Indonesia terletak di antara dua benua, yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta di antara dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasitik. Letak Indonesia yang demikian itu disebut letak geografis.

Letak Geografis dan lklim Indonesia


Dengan letak geografis tersebut tentu saja memberikan keuntungan bagi kita, karena menjadi pusat lalu lintas antara Benua Eropa dan Benua Australia serta Asia Barat dan Asia Timur. Banyak warga negara asing yang singgah ke Indonesia untuk melakukan kegiatan perekonomian atau sekadar berwisata. Hal ini tentu akan berdampak pada peningkatan pemasukan negara, dengan kata lain meningkatkan perekonomian rakyat.

Mengenai iklim, Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis (panas). Suhu rata-rat dalam satu tahun mencapai 27°C, bahkan di kota besar dan daerah pantai mencapai 30°C, sedangkan untuk daerah pegunungan antara 12°C sampai 18°C.

Pada bagian selatan ekuator ada Benua Australia dan bagian utara ada Benua Asia sehingga berakibat pada pergantian arah angin setiap 6 bulan sekali. Pada bulan Oktober-April angin bertiup dari Benua Asia ke Benua Australia, pada saat itulah Indonesia mengalami musim hujan. Sebaliknya pada bulan April-Oktober angin bertiup dari Benua Australia ke Benua Asia, pada saat itulah. Indonesia mengalami musim kemarau.

Angin yang berganti arah setiap 6 bulan disebut angin musim atau angin muson. Oleh karena itu, Indonesia bisa dikatakan beriklim muson tropis karena terletak di daerah tropis dan terpengaruh angin muson.

Luas WIlayah Indonesia


Luas WIlayah
Indonesia merupakan negara kepulauan karena terdiri dari pulau-pulaů, baik besar maupun kecil. Pulau-pulau ini membentang dari Sabang (Nanggroe Aceh Darussalam) hingga Merauke (Papua). Luas seluruh pulau (kecuali laut dan selat) kurang lebih mencapai 1,9 juta km. Perincian luas pulau secara lengkap adalah sebagai berikut.

Sumatra 473.606 km²
Jawa 132.107 km²
Kalimantan 539.460 km²
Sulawesi 189.216 km²
Papua 421.981 km²
Pulau-pulau lain 148,188 km²


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan. Salam Sukses..!!

0 Response to "Karakteristik Wilayah Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel