Jenis-Jenis Bank yang Ada di Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Pengertian Bank Sentral, Pengertian Bank Syariah


Jenis-Jenis Bank

Jenis-jenis bank antara lain sebagai berikut:

1. Bank Sentral
Menurut Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2004 tentang Bank Indonesia, bank sentral di ndonesia adalah Bank Indonesia. Bank sentral bertujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah melalui pemberlakuan kebijakan moneter secara berkelanjutan, konsisten, transparan, dan mempertimbangkan kebijakan umum pemerintah dalam bidang perekonomian. Tugas bank sentral antara lain menjaga kestabilan nilai rupiah, menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, serta mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran.

2. Bank Umum
Bank umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan/atau berdasarkan prinsip syariat yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Bank umum sering disebut bank komersial (commercial bank) karena bertujuan mencari keuntungan sebesar-besamya.

Kegiatan bank umum antara lain menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk giro, deposito, sertifikat deposito, dan tabungan; memberikan kredit, menerbitkan surat pengakuan utang, memindahkan uang, baik untuk kepentingan nasabah maupun kepentingan bank itu sendiri menerima pembayaran tagihan atas surat berharga dan melakukan perhitungan dengan pihak ketiga, menyediakan tempat penyimpanan barang dan surat bermarga; serta menempatkan dana dari nasabah kepada nasabah lain dala bentuk surat berharga yang tidak tercatat di bursa efek.

Pengertian bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat

3. Bank Perkreditan Rakyat (BPR)
Bank perkreditan rakyat (BPR) adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariat yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. BPR merupakan lembaga keuangan yang berfungsi memberikan bantuan kredit dengan jaminan, baik kredit investasi maupun kredit eksploitasi dalam skala kecil kepada masyarakat di daerah.

Kegiatan usaha yang dilarang dilakukan BPR antara lain menerima simpanan berupa giro dan terlibat dalam jasa lalu lintas pembayaran; melakukan kliring, melakukan kegiatan valuta asing, melakukan usaha penyertaan modal, melakukan usaha perasuransian, serta melaksanakan usaha lain di luar usaha yang telah ditetapkan undang-undang.

4. Bank Syariah
Bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariat. Bank syariah memiliki kegiatan memberikan jasa lalu lintas pembayaran seperti bank umum. Namun demikian, ada perbedaannya. Penyelenggaraan kegiatan bank syariah berdasarkan prinsip bagi hasil.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Jenis-Jenis Bank yang Ada di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel