Gagasan Kreatif dalam Tindakan Ekonomi dan Kegiatan Ekonomi

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Peran lptek dalam Kegiatan Ekonomi

Gagasan Kreatif dalam Tindakan Ekonomi dan Kegiatan Ekonomi

Kebutuhan manusia yang selalu meningkat baik dalam kualitas maupun kuantitas mendorong produsen melakukan inovasi produk. Dalam melakukan inovasi produk seorang produsen perlu memiliki jwa kreativitas. Dengan kreativitas, seorang produsen mampu melakukan inovasi produk. Orang yang memiliki kreativitas akan mampumembaca peluang dan kebutuhan masyarakat sekitar.

Kreativitas
Orang kreatif memiliki ciri-cir tergendirl dibandingkan orang lain. Ciri- orang kreatift antara lain memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, memunculkan ide orisinal, bekerja keras, bebas dalam bertindak, serta optimis dan percaya diri.

Kreativitas dalam diri seseorang tidak dapat muncul dengan sendirinya. Kreativitas dalam diri dapat ditumbuhkan melalui sikap mengembangkan sikap mental kreatif, mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan, menambah wawasan pengetahuan, dan menuangkan gagasan kreatif dalam bentuk kerja nyata.

Kreativitas sangat dibutuhkan dalam kegiatan ekonomi. Manfaat kreativitas dalam kegiatarn ekonomi sebagai berikut.
1. Seseorang dapat menyelesaikan suatu masalah dengan berbagai macam cara.
2. Seseorang dapat memperoleh kepuasa yang tidak terhingga.
3. Seorang pelaku ekonomi yang kreatif mampu bertahan dalam ketatnya persaingan usaha.

Peran lptek dalam Kegiatan Ekonomi
Perkembangan iptek membawa dampak positif antara lain terpenuhinya kebutuhan hidup; mempermudah dalam memperluas informasi dan pengetahuan; meningkatkan produktivitas usaha; memudahkan kegiatan promosi dan pemasaran; memperluas pasar atas produk tertentu; serta memudahkan transaksi dagang.

Ekonomi Kreatif


Dampak negatif perkembangan iptek antara lain memengaruhi pola pikir dan interaksi masyarakat; menimbulkan polusi lingkungan; menimbulkan kerusakan lingkungan; menambah jumlah pengangguran; serta memudarkan nilai-nilai jati diri bangsa seperti gotong royong. Perkembangan iptek berperan penting dalam menunjang kegiatan ekonomi. Peran iptek dalam kegiatan ekonomi sebagai berikut.

1. Iptek dalam Keglatan Produksi
Dalam kegiatan produksi, iptek berperan memenuhi kebutuhan mesin, bahan baku, dan bahan penolong produksi. Perkembangan iptek men- dorong munculnya mesin modern yang berpengaruh terhadap peningkatan kualitas dan kuantitas produk..

2. Iptek dalam Kegiatan Distribusi
Dalam kegiatan distribusi, perkembangan iptek memudahkan, memperlancar, dan mempercepat penyaluran barang dan/atau jasa dari produsen kepada konsumen. Dengan hasil kemajuan iptek, ditemukan sistem distribusi yang efisien dan sarana transortasi modern sehingga mendukung kelancaran proses distribusi..

3. Iptek dalam Keglatan Konsumsi
Perkembangan iptek memudahkan konsumen dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup. Sebagai contoh, adanya layanan pesan antar(delivery order) via telepon memudahkan konsumen membeli makanan secara praktis

Ekonomi Kreatif
Ekonomi kreatif adalah sebuah konsep pada era ekonomi baru yang mengintensifkan pemanfaatan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan stock of knowledge dari SDM sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk atau karya kreatif. Pemerintah mengidentifikasi lingkup industri kreatif menjadi beberapa subsektor antara lain periklanan; arsitektur; pasar seni dan barang antik; kerajinan; desain; fashionmode; film video; serta fotografi.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Gagasan Kreatif dalam Tindakan Ekonomi dan Kegiatan Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel