Ciri-ciri sistem pemerintah Republik Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.

Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Ciri-ciri sistem pemerintah Republik Indonesia

Ciri-Ciri Negara Indonesia

Indonesi adalah negara kepulauan dan negara maritim yang memiliki pulau dan ragam bahasa yang ada, namun negara yang besar ini dapat bersatu dalam kesatuan tanpa membeda-bedakan suku bahasa dan ras yang ada, tapi kali ini kita akan membahas tentang ciri-ciri mendasar Negara Indonesia. Ciri-ciri Negara Republik Indonesia sebagai berikut.

Bentuk Negara
Indonesia merupakan negara yang berbentuk republik dengan ciri negara kesatuan bernama Negaram Kesatuan Repubik Indonesia (NKRI).

Wilayah Negara
Wilayah Indonesia terdiri dari daratan, lautan atau perairan, dan udara. Daratan lndonesia terdiri dari pulau-pulau yang dipisahkan oleh perairan. Wilayah indonesia terbagi dalam 34 provinsi yang mana tiap-tiap provinsi dibagi lagi menjadi beberapa kabupaten atau kota. Setiap provinsi dan kabupaten atau kota diberi wewenang untuk mengurus daerahnya masing-masing..

Keadaan Penduduk
Indoresia mempunyai jumlah penduduk yang sangat padat, melebihi 200 juta jiwa. Apabila jumlah penduduk yang sangat besar ini bisa dikelola dan dikembangkan potensinya, akan menjadi sumberdaya manusia yang luar biasa. Indonesia jugaterdiri dariberbagai suku, budaya, dan agamna. Namun, perbedaan-perbedaan tersebut tidak menjadi penghalang untuk tetap bersatu..

Kebudayaan
Banyaknyasuku bangsa di lndonesia menyebabkan Indonesia mempunyai keanekaragaman bucaya. Selain kebudayaan asli, ada pula yang merupakan gabungan dari kebudayaan luar yang masuk pada zaman dahulu, misalnya kebdayaan Arab, Cina, dan India. Dengan berbagai kebudayaan ini membuat Indonesia semakin kaya budaya dan mempunyai keunikan tersendiri.

Alat Pemersatu
Indonesia merupakan negara yang terciri cari berbagai suku, ras, agama, dan budaya, tetapi tetap bersatu sebagai negara kesatuan. Hal tersebut karena kita mempunyai alat pemersatu bangsa yaitu sebagai berikut.

Ciri-ciri sistem pemerintah Republik Indonesia adalah sebagai berikut.

1. Bentuk negara adalah kesatuan dengan prinsip otonomi yang luas, nyata, can bertanggung jawab.

2. Wilayah negara terdiri dari 34 provinsi.

3. Bentuk pemerinahan republik dengan sistem pemerintahan presidensial.

4. Pemegang kekuasaan eksekutit adalah presiden yang menjadi kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Pada awalnya presiden dan waki presiden dipilh dan diangkat oleh MPR dengan masa jabatan lima tahun. Akan tetapi seiak pemilu tahun 2004. presiden dan wakl presiden dipilit satu paket secara langsung oleth rakyat untuk masa jabatan lima tahun.


5. Kabinet/menteri diangkat dan dibarhentikan oleh presidenserta bertanggungjawab kepadapresken.

6. Parlemen terdiri dari dua badan (bikameral), yÄ…itu DPR dan DPD. Anggota DPR dan DPD adalah anggota MPR. DPRterdiri dari para wakil rakyat yang dipilih melalui pemilu. Anggota DPD merupakan wakil tiap provinsi. DPR mempunyai kekuasaan legislatif dan juga mengawasi jalannya pemerintahan.

7. Kekuasaan yudikatif dijalankan oleh Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya, yaitu pengadilan tinggi dan pengadilan negeri serta sebuah Mahkamah Konstitusi dan Komisi Yucisia. Adapun tujuan NKRI adalah sepenti yang termuat dalam Pembukaan UuD 1945 alinea IV, yaitu sebagai berikut.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Ciri-ciri sistem pemerintah Republik Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel