Badan Usaha Milik Negara dan Swasta

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Pelaku Ekonomi Badan Usaha, Koperasi, dan Pasar

Setiap hari masyarakat tidak dapat lepas dari kegiatan ekonomi. Masyarakat melakukan kegiatan ekonomi untuk mencapai taraf hidup sejahtera. Peran pelaku ekonomi di indonesia sangat diperlukandalam rangka mencapai tujuan tersebut.

Badan Usaha
Badan usaha merupakan pelaku utama dalam perekonomian indonesia. Badan usaha di Indonesia terdiri atas Badan Usaha Milik Negara koperasi.

Tugas BUMN


1. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
(BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), dan BUMN merupakan badan usaha yang seluruhatau sebagian modalnya berasal dari pemerintah atau negara. Tujuan pemerintah mendirikan BUMN untuk mengelola aset (kekayaan) negara yang menguasai hajat hidup orang banyak. Oleh karena itu, kegiatan BUMN ditujukan pada sektor-sektor penting yang berkaitan dengan haiat hidup rakyat seperti listrik, gas, air, dan kebutuhan pokok lain.

BUMN didirikan atas dasar ndang-Undang Dasar 1945 pasal 33 ayat (2) dan (3). Dalam perekonomian BUMN memiliki peran antara lain:

1. memenuhi kebutuhan rakyat;
2. memberikan pelayanan atas kebutuhan masyarakat;
3. mencegah timbulnya monopoli oleh pihak swasta;
4. sebagai sumber penerimaan negara.
5. sarana menyelenggarakan kegiatan usaha penting dan kurang diminati pihak swasta; serta
6) memperluas lapangan pekerjaan.

Bentuk-bentuk BUMN dikelompokkan menjadi perusahaan umum (perum), perusahaan perseroan, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Perusahaan umum (perum) bergerak di bidang usaha pelayanan umum dan selurun modalnya berasal dari negara dan dipisahkan dari APBN.Perusahaan perseroan merupakan perusahaan yang modalnya berbentuk saham dan sebagian besar modalnya merupakan milik negara. BUMD merupakan badan usaha yang dimiliki, di modali, dan dikelola pemerintah daerah.

Tugas Badan Usaha Milik Negara dan Swasta


2. Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)
Badan usaha milik swasta (BUMS) merupakan badan usaha yang seluruh modalnya milik pihak swasta, baik perorangan maupun persekutuan. Kegiatan yang dilakukan BUMS bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya untuk menjaga kelangsungan usaha. BUMS menjalankan usaha potensial yang tidak dikelola BUMN. Dalam perekonomian BUMS memiliki peran antara lain:

1. menggerakkan perekonomian negara.
2. menyediakan barang dan jasa kebutuhan masyarakat.
3. meningkatkan pendapatan masyarakat.
4. memperluas lapangan kerja sehingga mengurangi pengangguran,
5. menjadi sumber pendapatan negara atas pajak badan usaha.
6. mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

Berdasarkan jenisnya, BUMS terdir atas badan usaha swasta nasional, badan usaha swasta asing, dan badan usaha swasta campuran. Badan usaha swasta nasional adalah badan usaha swasta yang dikelola oleh pihak swasta dalam negeri dan modalnya berasal dari dalam negeri. Badan usaha swasta asing adalah badan usaha yang dikelola pihak swasta asing dan modalnya juga berasal dari luar negeri. Badan usaha swasta campuran atau ventura adalah badan usaha yang dikelola oleh pihak swasta dalam negeri dan asing secara bersamaan. Berdasarkan bentuk hukumnya, BUMS dibedakan antara lain sebagai berikut.

a. Perusahaan Perorangan
Perusahaan perorangan adalah badan usaha yang didirikan dan dimiliki perorangan. Pemilik perusahaan bertanggung jawab secara penuh terhadap pengelolaan, kelangsungan, dan risiko usaha. Pengambilan keputusan terkait kemajuan usaha dilakukan sendiri oleh pemilik usaha. Perusahaan ini biasanya memiliki modal sedikit dengan pengelolaan bersifat sederhana.

Pengertian Firma (Fa)


b. Firma (Fa)
Firma (Fa) adalah badan usaha yang dibentuk oleh persekutuan dua orang atau lebih dengan nama dan modal bersama. Persekutuan ini mengelola usaha dalam rangka mencapai tujuan bersama. Pada umumnya para pendiri firma sudah saling mengenal dan memercayai sehingga maju mundurnya firma dapat dipikul bersama. Setiap pemilik memiliki hak untuk bertindak atas nama firma, tetapi risiko tindakan pemilik ditanggung bersama dengan seluruh harta bendanya.

c. Persekutuan Komanditer (CV)
Persekutuan komanditer atau Commanditaire Vennootschap (CV) adalah persekutuan antara dua orang atau lebih untuk mendirikan perusahaan yang memiliki satu atau beberapa sekutu komanditer. Pada persekutuan ini terdapat dua sekutu yaitu sekutu aktit dan sekutu pasif. Sekutu aktif merupakan sekutu yang menyetorkan modal dan mengelola kegiatan usaha perusahaan. Sekutu pasit atau sekutu komanditer merupakan sekutu yang hanya menyetorkan modal, tetapi tidak ikut mengelola kegiatan usaha.

Pengertian Perseroan Terbatas (PT)


d. Perseroan Terbatas (PT)
Perseroan terbatas (PT) merupakan badan usaha yang kepemilikannya melibatkan beberapa orang dengan modal yang terbagi atas saham-saham. Setiap sekutu atau persero memiliki sebanyak satu lembar saham atau lebih. Besar saham yang dimiliki persero akan menentukan jumlahdividen yang diterima. Besarsaham mencerminkan jumlah suara dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).Jenis usaha perseroan beragam dan kompleks.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Badan Usaha Milik Negara dan Swasta"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel