Badan-Badan Kerja Sama Regional dan Internasional

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Badan-Badan Kerja Sama Regional dan Internasional

Pada eraglobalisasi, tiap-tiap negara di dunia akan saling berinteraksi. Interaksi antarnegara tersebut diwujudkan dengan kerja sama internasional atau antar negara. Kerja sama tersebut dilakukan dalam
rangka memenuhi kebutuhan di dalam negeri dan memperluas pasar atas komoditas dalam negeri.
Dalam menjalin kerja sama dipeukan lembaga/badan untuk mengatur kerja sama, baik mencakup wilayah regional maupun internasional.

Badan Kerja Sama Regional


Badan Kerja Sama Regional
Badan kerja sama regional merupakan badan kerja sama antarnegara yang mencakup negara-negara dalam suatu kawasan atau regional. Contoh badan kerja sama regional sebagai berikut.

1. Association South of East Asia Nations (ASEAN) yaitu kerja sama negara-negara kawasan Asia Tenggara. Tujuan utama ASEAN adalah mengadakan kerja sama antar negara anggota ASEAN di bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

2. ASEAN Free Trade Area (AFTA) merupakan kawasan perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara sekaligus tempat produksi kompettf. Tijuan pembentukan AFTA adalah meningkatkan daya saing produk ASEAN di pasar global, menarik investasi asing(Foreign Direct Investment/FD), dan meningkatkan perdagangan antamegara anggota ASEAN.

3. ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN, yaitu kesepakatan negara-negara anggota ASEAN untuk menjalin perdagangan bebas di kawasan Asia Tenggara. Pemberlakuan MEA bertujuan mewujudkan integrasi ekonomi ASEAN, yaitu tercapainya wilayah ASEAN yang aman dengan dinamika pembangunan lebih tinggi dan terintegrasi, pengentasan
masyarakat ASEAN dari kemiskinan, serta pertumbuhan ekonomi untuk mencapai kemakmuran merata dan berkelanjutan.

ASEAN Economic Community (AEC), South Asia Association for Regional Cooperation (SAARC)


4. South Asia Association for Regional Cooperation (SAARC), yaitu kerja sama negara-negara di kawasan Asia Selatan. Pembentukan SAARC diprakarsai negara. Bangladesh, Bhutan, india, Maladewa, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka. SAARC bertujuan mendorong pertumbuhan ekonomi negara-negara Asia Selatan.

5. Asia Pasific Economic Cooperation (APEC), yaitu forum kerja sama ekonomi negara-negara di kawasan Asia Pasifik. APEC beranggotakan negara-negara di Benua Asia, Australia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

6. Asian Development BankADB), yaitu badan yang memfasilitasi perkembangan sosial dan ekonomi di kawasan Asia Pasifik. ADB membantuan kepada negara-negara Asia yang sedang melaksanakan pembangunan.

7. Uni Eropa atau European Union (EU), merupakan organisasi kerja sama ekonomi dan sosial negara-negara di kawasan Eropa. Tujuan dibentuknya Uni Eropa antara lain menghilangkan hambatan perdagangan bebas; meningkatkan kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat Eropa; serta meningkatkan daya saing negara-negara anggota Uni Eropa terhadap perekonomian internasional.

8. North American Free Trade Agreement (NAFTA) yaitu orgarisasikena sama ekonomi yang beranggotakan Amerika Serikat, kanada, dan Meksiko. Pembentukan NAFTA bertujuanmenghapus hambatan perdagangan dan investasi antamegara anggota.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Badan-Badan Kerja Sama Regional dan Internasional"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel