Indonesia Pada Masa Awal Kemerdekaan

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Indonesia pada Masa Kemerdekaan

Sebagai bangsa yang baru merdeka, Indonesia masih harus berjuang menata kehidupan berbangsa dan bernegara. Berbagai kebijakan diberlakukan sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Upaya-upaya tersebut dilakukan sejak awal kemerdekaan hingga saat ini.

Indonesia Pada Awal Kemerdekaan


1. Awal Kemerdekaan
Perjuangan bangsa lndonesia tidak hanya berhenti pada keberhasilan pelaksanaan proklamasi kemerdekaan. Untuk menjadi negara yang mandiri, segenap bangsa harus berperan dalam bidang
politik, ekonomi, pendidikan, dan budaya.

2. Bidang Politik
Indonesia Pada Awal Kemerdekaan dalam Bidang Politik


Kebijakan politik pada awal kemerdekaan, antara lain sebagai berikut. .
a. Membentuk struktur pemerintahan yang lengkap.
b. Membentuk Republik Indonesia Serikat.
c. Membubarkan RIS pada 17 Agustus 1950.

2. Bidang Ekonomi
Indonesia Pada Awal Kemerdekaan  dalam Bidang Ekonomi


Kebijakan ekonomi pada masa awalkemerdekaan, antara lain sebagai berikut.
a. Memberlakukan sistem ekonomi Ali Baba.
b. Menerapkan sistem ekonomi Gerakan Benteng.
c. Menasionalisasi De Javasche Bank menjadi Bank Indonesia.
d. Menerapkan kebijakan Gunting Syafruddin.
e. Melakukan penundingan masalah finansial ekononmi antara pihak indonesia dan Belanda.

3. Bidang Pendidikan
Indonesia Pada Awal Kemerdekaan dalam Bidang Pendidikan

Pada masa pemerintahan Kabinet Sjahrir III Menteri PP&K, Mr. Suwandi membentuk Panitia Penyelidik Pengajaran Republik Indonesia yang diketuai Ki Hajar Dewantara. Pemerintah menyusun sistem pendidikan baru yang disebut pendidikan merdeka. Sistem pendidikan ini terdiri atas empat tingkatan berikut.

1) Sekolah rakyat selama enam tahun.
2) Sekolah lanjutan, dibagi menjadi dua tingkatan yaitu tingkat lanjutan pertama selama tiga tahun dan tingkat lanjutan atas tiga tahun.
3) Sekolah industri selama tiga hingga enam tahun.
4) Perguruan tinggi selama empat hingga enam tahun.

4. Bidang Budaya

Pada 18Juni 1947 Menteri Pengajaran, Pendidikan, dan Kebudayaan Mr. R. Suwandi membentuk suatu komisi bahasa untuk memajukan bahasa Indonesia. Hasil kerja komisi ini adalah lahirnya Ejaan Republik yang disebut ejaan Suwandi dan ditetapkannya lima ribu istilah baru.

Pada awal kemerdekaan muncul karya sastra Angkatan 45. Sebagian besar karya sastra Angkatan '45 menceritakan perjuangan merebut kemerdekaan. Sastrawan Angkatan'45 antara lain Chairil Anwar, ldrus, Asrul Sani, Utuy Tatang Sontani, dan Trisno Sumardjo.

Pada 1946 dibentuk organisasi Seniman Indonesia Muda (SIM). Selanjutnya, pada 1947 didirikan perkumpulan Pelukis Rakyat.  Sebagai pecahan SIM. Anggota pelukis rakyat berkesempatan menjual banyak lukisan. Seniman lukis Angkatan 45 antara lain Basuki Abdullah. Affandi, dan Usman lsmail.
Mereka muncul dengan karya yang menggambarkan kemerdekaan Indonesia serta kejayaan bangsa Indonesia pada masa depan.

5. Bidang Soslal
Indonesia pada Masa Kemerdekaan dalam Bidang Sosial

Setelah proklamasi kemerdekaan terjadi perubahan sosial dala kehidupan masyarakat Indonesia. Sebelum indonesia merdeka terdapat diskriminasi sosial yang membagi kelas-kelas dalam masyarakat. Dalam pembagian keias masyarakat tersebut masyarakat Eropa dan Jepang menempati lapisan tertinggi. Sementara itu, masyarakat pribumi merupakan masyarakat kelas bawah, Setelah Indonesia merdeka segala bentuk diskriminasi dihapuskan. Kondisi ini membawa dampak positif bagi masyarakat Indonesia. Dampak positf tersebut adalah semua masyarakat Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam segala bidang.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Indonesia Pada Masa Awal Kemerdekaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel