Perlawanan Rakyat Indonesia terhadap Kolonialisme Barat

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Perlawanan Bangsa Indonesia terhadap Kolonialisme Barat

Praktik monopoli perdagangan bangsa-bangsa Barat di lndonesia menyebabkan kerugian besar bagi bangsa Indonesia. Keadaan ini menjadi salah satu pendorong timbulnya perlawanan terhadap bangsa Barat.

a. Perlawanan terhadap Portugis

Beberapa perlawanan bangsa Indonesia terhadap Portugis sebagai berikut.

Perlawanan Rakyat Aceh, Peralwanan Rakyat Maluku


1. Perlawanan rakyat Aceh berlangsung di bawah pimpinan Sultan Salahudin Riayat Syah Kahar, dilanjutkan oleh Sultan Iskandar Muda. Serangan Aceh terhadap Portugis terjadi karena kedudukan
Portugis menjadi ancaman bagi Aceh.

2. Perlawanan rakyat Maluku dipimpin oleh Sultan Hairun. Akan tetapi, Portugis melakukan kecurangan sehingga berhasil membunuh Sultan Hairun. Perlawanan berlanjut di bawah pimpinan Sultan Baabulah (putra Suitan Hairun). Dibawah pimpinan Sultan Baabullah, rakyat
Maluku berhasil mengusir Portugis dari Kepulauan Maluku pada 1575.

b. Perlawanan terhadap VOC

Beberapa perlawanan rakyat terhadap VOC sebagai berikut.


Perlawanan Sultan Agung Terhadap VOC, Perlawanan rakyat Banten terhadap VOC


1. Perlawanan Sultan Agung terhadap VOC di Batavia dilakukan dalam dua tahap. Pertama, terjadi pada 1628 dan dipimpin Tumenggung Bahurekso. Akan tetapi, serangan ini mengalami kegagalan
karena pasukan Mataram kalah per senjataan. Kedua, pada 1629 yang dipimpin Dipati Uger dan Dipati Urbaya. Serangan ini pun belum berhasil menggeser kekuasaan VOC di Batavia.

2. Perlawanan rakyat Banten terhadap VOC dipimpin oleh Sultan Ageng Tirtayasa. Akan tetapi, perlawanan ini berhasil dipadamkan setelah VOC menerapkan Strategi devide et impera antara Suitan
Ageng Tirtayasa dan Sultan Haji (putra Sultan Ageng Tirtayasa).

3. Perawanan rakyat Makassar dipimpin oleh Sultan Hasanuddin. Perlawanan ini berhasil di padamkan VOC berkat kerja sama dengan Aru Palaka. Bahkan, Sultan Hasanuddin dipaksa menanda tangani Perjanjian Bongaya (1667) yang menandai kekuasaan VOC di Makassar.

c. Perlawanan terhadap Pemerintah Kolonial Belanda

Beberapa perlawanan bangsa Indonesia terhadappemerintah kolonial Belanda sebagai berikut.

Perlawanan rakyat Maluku terhadap Belanda dipimpin Thomas Matulessy


1. Perlawanan rakyat Maluku terhadap Belanda dipimpin Thomas Matulessy (Pattimura). Belanda sempat kewalahan menghadapi perlawanan ini. Meskipun demikian, pada Oktober 1816 Belanda
berhasil menangkap para pemimpin perlawanan.

2. Perang Padri awalnya terjadi akibat perseteruan antara kaum adat dan kaum Padri. Setelah Belanda turut campur, perangterjadi antara kaum Padri melawan Belanda. Dalam perkembangannya, kaum
adat turut bergabung dengan kaum Pacri. Akan ntetapi, gabungan kedua pasukan ini belum mampu mengalahkan dominasi Belanda.

Perang Puputan dipimpin oleh I Gusti Ketut Jelantik


3. Perang Diponegoro berlangsung pada 1825-1830. Perang yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro ini juga disebut Perang Jawa karena meluas di hampir seluruh wilayah Pulau Jawa.

4. Perang Puputan dipimpin oleh I Gusti Ketut Jelantik. Disebut puputan karena perang ini mengobarkan semangat perang habis-habisan. Akan tetapi, perang ini belum mampu mengalahkan dominasi Belanda di Bali.

5. Perang Aceh merupakan salah satu' perang tersengit yang harus dihadapi Belanda. Perang ini berlangsung hampir diseluruh wilayah Aceh dan masih terus terjadi hingga awal abad XX.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Perlawanan Rakyat Indonesia terhadap Kolonialisme Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel