Pengaruh Kolonialisme Barat terhadap Kehidupan Masyarakat Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Pengaruh Kolonialisme Barat terhadap Kehidupan Masyarakat Indonesia

Kolonialisme Barat di lndonesia memengaruhi berbagai bidang kehidupan masyarakat Indonesia, antara lain sebagai berikut.

Pengaruh Kolonialisme Barat terhadap Kehidupan Masyarakat Indonesia


1. Bidang Politik dan Pemerintahan

Pengaruh Penjajahan terhadap masyarakat Indonesia

Kolonialisme Barat di Indonesia menyebabkan perubahan sistenm politik dan pemerintahan. Perubahan ini ditandai dengan pelaksanaan politik kolonial di Indonesia. Politik kolonial dimulai pada masa kekuasaan VOC dan berakhir ketika Jepang menduduki Kepulauan Indonesia. Kolonialisme Barat juga menyebabkan terjadinya reformasi birokrasi. Pemerintah kolonial mengangkat para pejabat pribumi sebagai perantara dalam kegiatan pemerintahan. Pejabat pribumi ini disebut pangreh praja. Kolonialisme Barat juga menyebabkan masuknya berbagai paham baru
seperti liberalisme, nasionalisme, sosialisme, dan humanisme.

2. Bidang Ekonomi

Pengaruh Penjajahan di Indonesia

Kebijakan tanam paksa yang diterapkan sejak tahun 1830 menyebabkan penderitaan rakyat. Di beberapa daerah terjadi kelaparan akibat pemerintah kolonial Belanda mengabaikan kesejahteraan rakyat. Meskipun demikian, kebjakan tersebut memberikan pengaruh positif bagi bangsa Indonesia.
Pengaruh tersebut antaraliain aktivitas ekspor dan jumlah produksi tanaman ekspor meningkat, banyak modal swasta masuk ke Indonesia, sektor industri semakin berkembang, terjadi pergeseran kepemilikan tanah dan mata pencaharian, serta pengenalan sistem upah.

3. Bidang Sosial dan Budaya
Perkembangan kegiatan ekonomi pada masa kolonial menyebabkan terjadi mobilitas dalam masyarakat, baik secara geografis maupun sosiologis. Transmigrasi dan urbanisasi merupakan contoh mobilitas dalam aspek geografis. Perubahan status dari petani menjadi kuti perkebunan atau pedagang merupakan contoh mobilitas dalam aspek sosiologis. Kolonialisme Barat juga memengaruhi perkembangan demografi yang ditandai dengan peningkatan jumlah penduduk. Peningkatan jumlah penduduk ini antara lain karena intensitas peperangan meningkat, taraf hidup pribumi meningkat, pelayanan kesehatan semakin berkembang, serta teknologi dan sarana transportasi berkembang.

Pengaruh Kolonialisme Barat dalam Sistem Sosial Budaya


Kolonialisme Barat mendorong munculnya sistem stratifikasi sosial yang diatur pemerintah kolonial. Stratifikasi sosial pada masa ini terdiri atas golongan atas (orang-orang Eropa); golongan Timur Asing (orang-orang Tionghoa, Arab, dan India); serta golongan pribumi (masyarakat Indonesia asli).
Dalam bidang budaya, corak kebudayaan Barat telah memengaruhi kehidupan masyarakat indonesia. Cara bergaul, gaya hidup, serta cara berpakaian Barat mulai dikenal di kalangan raja dan bangsawan.
Masyarakat Indonesia juga mulai mengenal jenis-jenis masakan Eropa. Bentuk arsitektur Eropa turutmemengaruhi perkembangan seni bangunan dan arsitektur di Indonesia. Kolonialisme Eropa juga menyebabkan agama Kristen dan Katolik berkembang di Indonesia.

4. Bidang Pendidikan

Pengaruh Kolonialisme dalam Bidang Pendidikan

Pengaruh kolonialisme Barat di bidang pendidikan tidak telepas dari kebijakan Politik Etis. Kebijakan ini memberikan pengaruh positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia yaitu munculnya kaum intelektual di Indonesia. Penerapan Politik Etis di Indonesia ditandai dengan dibukanya berbagai sekolah mulai dari jenjang dasar hingga perguruan tinggi.


Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Pengaruh Kolonialisme Barat terhadap Kehidupan Masyarakat Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel