Manfaat Lingkungan Hidup dan Jenis Jenisnya

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


1. Manfaat Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup sangat penting bagi makhluk hidup. Tanpa lingkungan hidup, makhluk hidup akan musnah. Adapun manfaat lingkungan hidup setbagai berikut.



a. Tempat Tinggał
Lingkungan hidup menjadi tempat tinggal makhluk hidup. Sebagai contoh, hutan sebagai tempat tinggal flora dan fauna, perairan seperti sungai dan laut sebagai tempat tinggal ikan, serta permukiman sebagai tempat tinggal manusia.

b. Tempat Mencari Makan
Lingkungan hidupberperan sebagai tempat mencari makan baik tumbuhan, hewan, maupun manusia. Lingkungan menyediakan dan membantu makhluk hidup mendapatkan serta mengoiah makanan.

c. Penyedia Kebutuhan Vital
Kebutuhan vital merupakan kebutuhan mendasar dan harus dipenuhi. Apabila tidak terpenuhi dapat mengganggu kelangsungan hidup makhluk hidup. Kebutuhan vital meliputi tanah, udara, dan air.

d. Tempat Beraktivitas Sehari-hari
Lingkungan hidup merupakan tempat bagi makhluk hidup menjalankan perannya. Manusia dapat menjalankan berbagai kegiatan seperti aktivitas di bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan serta aktivitas berinteraksi dilingkungan kemasyarakatan.

Manfaat Lingkungan Hidup


e. Sumber Makanan
Dalamin lingkungan hidup setiap komponen makhluk hidup dapat me- makan dan dijadikan makanan makhluk hidup lair Sebagai contoh komponen makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan merupakan sumber bahan makanan bagi manusia.

2. Jenis-Jenis Lingkungan Hidup

Secara umum, lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi lingkungan hidup ałarmi, buatan/binaan, dan sosial budaya.

a. Lingkungan Hidup Alami
Lingkungan hidup alami merupakan lingkungan bentukan alam yang memiliki tingkat heterogenitas organisme yang sangat tinggi. Sebagai contoh, hutan rimba dan lautan.

Jenis-Jenis Lingkungan Hidup


b. Lingkungan Hidup Binaan/Buatan
Lingkungan hidup binaan/buatan mencakup lingkungan buatan manusia yang dibangun dengan bantuan teknokogi

c. Lingkungan Hidup Sosial
Lingkungan hidup sosial terbentuk karena adanya interaksi sosial daiam
masyarakat. Sebagai contoh, adat istiadat suatu suku bangsa/etnik.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Manfaat Lingkungan Hidup dan Jenis Jenisnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel