Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan

Lingkungan hidup berperan penting dalam kehidupan manusia. Berbagai makhluk hidup, air, udara, lahan, dan unsur lain bermanfaat memenuhi kebutuhan manusia. Akan tetapi, pemanfaatan lingkungan hidup yangkurang bertanggung jawab dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan. Oleh karenaitu, kegiatan pembangunan hendaknya berprinsip pada konsep pembangunan berkelanjutan.

Pengertian dan Unsur Lingkungan Hidup


Lingkungan Hidup
Lingkungan hidup merupakan suatu sistem jaringan kehidupan yang tersusun atas berbagai unsur. Lingkungan hidup menyediakan berbagai sumber daya alanm. Sumber daya alam tersebut digunakan manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang diperlukan guna menunjang kehidupannya. Agar lingkungan hidup dapat tetap dimanfaatkan, manusia wajib menjaga kelestarian nya. Salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup yaitu memanfaatkan lingkungan alam secara bijak. Apabila manusia tidak memanfaatkan secara bijak, lingkungan alam dapat mengalami kerusakan sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya. Oleh karena itu, diperlukan tindakan tepat agar lingkungan alam tetap terjaga seiring perkembangan kehidupan manusia. Diperlukan upaya pembangunan yang peka terhadap lingkungan hidup. Wujud pembangunan tersebut adalah pembangunan berkelanjutan.

Pengertian dan Unsur Lingkungan Hidup
Menurut Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, lingkungan hidup diartikan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhiuk'
hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang memengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan peri kehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain. Unsur lingkungan hidup terdiri atas biotik, abiotik, dan sosial budaya.

1. Biotik
Unsur biotik yaitu semua makhluk hidup yang tersusun atas komponen manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme. Komponen penyusun unsur biotik jika berinteraksi dengan unsur
abiotik akan membentuk proses makan dimakan yang disebut rantai makanan. Adapun unsur rantai makanan sebagai berikut.

a) Produsen
Produsen adalah semua organisme yang mampu menyediakan atau menyintesis makanannya
sendiri dengan bantuan sinar matahari dan zat hijau daun. Tumbuhan merupakan produsen dalamrantai makanan.

b) Konsumen
Konsumen adalah organisme yang bergantung pada organisme lain karena tidak mampu menghasilkan makanannya sendiri, contohnya hewan dan manusia.

c) Pengurai(Dekomposer
Pengurai adalah mikroorganisme yang mampu mengurai makhluk hidup yang telah mati. Contoh dekomposer antara lain cacing, jamur, dan jasad renik atau mikroba.

2. Abiotik
Unsur abiotik adalah unsur-unsur yang berda di alam dan merupakan benda mati atau tidak bernyawa. Komponen abiotikmerupakan komponen benda-benda tidak hidup (anorganik) yang turut memengaruhi kehidupan makhluk hidup. Wujud komponen abiotik antara lain tanah, air, udara, cahaya matahari, dan iklim. Tiap-tiap komponen biotik memiliki peran tersendiri dalam
lingkungan hidup.

Sosial Budaya
Unsur sosial budaya merupakan hasil interaksi antara manusia dengan manusia dan manusia dengan alam. Hasil interaksi ini berupa nilai dan norma sosial serta adat istiadat dalam masyarakat yang membentuk kebudayaan.Contohnya, masyarakat menciptakan bahasa untuk berkomunikasi dan men- ciptakan norma kesopanan sebagal pedoman berperilaku.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel