Keragaman Sosial dan Budaya dan Faktor Penyebabnya

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Keragaman Sosial dan Budaya

Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki suku bangsa dan budaya beragam. Keragaman suku bangsa dapat dilihat dari perbedaan warna kulit, bentuk rambut, bentuk wajah, ataupun postur tubuh. Keragaman sukubangsa juga dapat dilihat dari pakaian tradisional dan bahasa yang digunakan setiap suku bangsa. Meskipun memiliki keragaman suku bangsa, bangsa Indonesia tetap menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa. Pernyataan ini tecermin dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika, artinya meskipun berbeda-beda, tetap satujua.

Indonesia dalam Keragaman Sosial dan Budaya
Setiap daerah di indonesia niliki budaya berbeda. Keragaman budaya menjadi keunikan bangsa Indonesia yang membedakannya dengan bangsa lain. Keragaman sosial budaya di Indonesia terihat dari perbedaan suku bangsa, agama, kesenian, sistem sosial, dan mata pencaharian. Meskipun memiliki karakteristik sosial dan budaya berbeda, setiap daerah hendaknya mengedepankan sikap saling meng homati agar terhindar dari perpecahan.

Faktor Penyebab Keragaman Sosial Budaya di lndonesia


Keragaman Suku Bangsa dan Ras
Suku bangsa adalah kelompok masyarakat yang terikat kesamaan budaya. Sementara itu, ras merupakan pengelompokan manusia berdasarkan ciri-ciri fisik tertentu. yang diturunkan secara turun-temurun. Suku bangsa dan ras di Indonesia tersebar di berbagai daerah. Setiap suku bangsa dan ras
memiliki corak kehidupan berbeda, memiliki nilai dan norma yang dijunjung tinggi, serta menghasilkan berbagai kebudayaan unik. Setiap suku bangsa dan ras saling mengisi serta melengkapi sehingga bangsa Indonesia menjadi bangsa kuat. Dengan menjaga kesatuan antarsuku bangsa dan ras, keharmonisan sosial dapat terwujud.

Keragaman Agama
Keragaman agama di Indonesia terlihat dari pelaksanaan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Setiap agama memiliki syariat atau tata cara pelaksanaan ibadah dan upacara keagamaan. Ada enam agama yang diakui di Indonesia yaitu Hindu, Buddha, Islam, Kristen, Katolik, dan Konghucu. Di
Indonesia juga masih terdapat sistem kepercayaan lokal seperti kaharingan di Kalimantan dan kejawen di Jawa. Setiap agama mengajarkan perdamaian dan menjaga keselarasan hidup bermasyarakat. Oleh karena itu, setiap manusia wajib menjaga hubungan baik antarumat beragama dan lingkungan alam bangsa dapat terus terjaga apabila masyarakat mencintai nilai-nilai kebudayaan tradisional, mempelajari dan mengembangkan hasil kebudayaan tradisional, serta menaati dan menjunjung tinggisistem budaya tradisional.
.
Keragaman Seni Budaya
Kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa, dan karsa manusia. Kebudayaan setiap daerah dapat dikenali melalui pakaian adat, lagu daerah, tarian daerah, rumah adat, alat musik tradisional, senjata tradisional, seni pertunjukan, upacara adat, atau bahasa daerah. Keragaman budaya setiap daerah
berperan penting dalam mengembangkan kebudayaan nasional. Keragaman budaya juga dapat menumbuhkan sikap toleransi. antar kelompok sosial.

Keragaman Mata Pencaharian
Mata pencaharian terkait kemampuan khusus, baik pemikiran (soft skills) maupun keterampilan praktis (hard skills). Kemampuan tersebut cenderung berkaitan dengan wawasan dan pengetahuan yang diperoleh melalui proses belajar dan interaksi sosial. Keragaman mata pencaharian diharapkan
dapat meningkatkan kemajuan bangsa.

Faktor Penyebab Keragaman Sosial Budaya di lndonesia

Keragaman di Indonesia tidak terbentuk dengan sendirinya, tetapi melałui proses panjang,
berlangsung sejak zaman praaksara, Hindu, Buddha, Islam, dan terus berlanjut hingga saat ini. Faktor penyebab keragaman sosial budaya di Indonesia sebagai berikut.



Keadaan Alam lndonesia
Keragaman sosial dan budaya Indonesią dipengaruhi oleh keadaan alam Indonesia. Bentuk pengaruh keadaan alam terhadap keragaman sosial dan budaya Indonesia antara lain kondisi Indonesia yang berbentuk kepulauan, letak eografis yang mermengaruhi aktivitas manusia yang tinggal di dalamnya, serta relief (topografi) wilayah Indonesia.

Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia
Nenek moyang bangsa lndonesia terdiri atas tiga kelompok ras, yaitu Papua Melanosoid, Proto Melayu, dan Deutro Melayu. Para pakar memperkirakan nenek moyang bangsa Indonesia bermigrasi saat Kepulauan Indonesia masih bersatu dengan Benua Asia. Proses migrasi nenek moyang bangsa Indonesia menyebabkan masyarakat di Indonesia mengenal kebudayaan dan teknologi baru yarng berasal dari Asia.

Interaksi dengan Bangsa Asing
Sejak dahulu masyarakat Indonesia yang menetap di daerah pantai memiliki sifat terbuka terhadap pengaruh budaya baru yang dibawa bangsa asing. Melalui kegiatan pelayaran dan perdagangan, bangsa Indonesia melakukan interaksi sosial dengan bangsa asing. Melalui interaksi dengan bangsa asing, bangsa Indonesia mengenal kebudayaan Hindu-Buddha, Islam, dan Barat. Kebudayaan tersebut memberi corak tersendii bagi kebudayaan Indonesia yang menyebabkan kebudayaan Indonesia semakin beragam.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Keragaman Sosial dan Budaya dan Faktor Penyebabnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel