Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat di Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Praktik Kolonialisme Barat dan Pergerakan Nasional Indonesia

Dominasi bangsa-bangsa Barat di Indonesia dimulai dengan pendaratan bangsa Portugis dan Spanyol pada awal abad XVI. Kedatangan bangsa-bangsa barat di Indonesia berkaitan erat dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta semangat menemukan dunia baru.

Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat di Indonesia

Tujuan utama bangsa-bangsa Barat melakukan penjelajahan samudra adalah membangun jalur perdagangan baru dengan India dan Timur Jauh. Pada periode itu dunia Timur telah dikenal sebagai daerah sumber rempah-rempah dan barang mewah lainnya.

Bangsa-bangsa Barat yang melakukan penjelajahan samudra dan akhirnya tiba di Kepulauan Indonesia sebagai berikut.

Kedatangan Bangsa Spanyol di Indonesia, Kedatangan Bangsa Belanda di Indonesia

1. Bangsa Portugis mulai melakukarn penjelajah an samudra pada abad XV. Tokoh penjelajahan samudra bangsa Portugis antara lain Bartholomeus Diaz, Vasco da Gama, dan Alfonso d'Albuquerque. Rombongan bangsa Portugis berhasil mencapai Kepulauan Maluku pada 1512 di bawah pimpinan Antonio de Abreau dan Francisco Serrao.

2. Bangsa Spanyol mengarahkan rute penjelajahan samudra ke arah barat dengan menyeberangi Samudra Atlantik. Tokoh penjelajah bangsa Spanyol antara lain Christophorus Columbus, Amerigo Vespucck, Ferdinand Magellan, dan Sebastian del Cano. Bangsa Spanyol tiba di Kepulauan Maluku
pada 1521.

3. Bangsa inggris meniru jejak bangsa Spanyol dalam melakukan penjelajahan samudra, yaitu dengan berlayar ke arah barat. Tokoh penjelajah bangsa lnggris antara lain Francis Drake dan Thomas Cavendis. Rombongan penjelajah bangsa inggris tiba di Kepulauan Maluku pada 1579.

4. Bangsa Belanda melakukan penjelajahan samudra ke dunia Timur berbekal informasi dari buku Iti-neraro naar Oost ofto Portugaels.

indien (Pedoman Perjalanan ke Timur atau Hindia Portugis). Tokoh penjelajah bangsa Belanda yang berhasil mencapai Indonesia antara lain Cornelis de Houtman (1596) dan Jacob van Neck (1598).

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel