Kehidupan pada Masa Praaksara

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:

Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan lslam

Masyarakat Indonesia memiliki sejarah panjang. Oleh karena itu, para pakar sepakat membagi kajian sejarah Indonesia menjadi beberapa periode. Kajian sejarah Indonesia diawali dengan periode praaksara. Berakhirnya masa praaksara ditandai dengan mulai berkembangnya kebudayaan Hindu-Buddha. Pada perkembangannya kehidupan bangsa Indonesia semakin beragam setelah kebudayaan Islam berkembang di Indonesia.

1. Kehidupan pada Masa Praaksara

Masyarakat pada masa praaksara hidup secara sederhana. Seiring perkembangan zaman, masyarakat pada masa praaksara mampu berkreasi menciptakan benda kebudayaan yang menunjang kehidupan. Perkembangan kehidupan pada masapraksara dapat dibagisebagai berikut.

a. Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan
Pada masa ini manusia purba tinggal secara berkelompok dan berpindah-pindah (nomaden). Mereka cenderung pasif terhadap keadaan di sekitarnya. Manusia purba pada masa berburu dan mengumpulkan makanan belum mampu mengolah sumber daya alam, Manusia mengonsumsi makanan yang tersedia di alam tanpa diolah. Makanan diperoleh dengan cara berburu. Manusia purba juga mengumpulkan buah-buahan, mengumpulkan nmbi-umbian, dan menangkap ikan. Apabila persediaan makanan menipis mereka akan meninggalkan tempat tersebut.

Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan


Pada masa berburu dan mangumpukan makanan, manusia mampu menggunakan berbagai peralatan sederhana. Peralatan tersebut terbuat dari batu, tulang, dan kayu. Beberapa peralatan yang dihasilkan pada masa ini antara lain kapak perimbas, kapak penetak, kapak genggam, pahat genggam,
alat serpih, dan alat-alat dari tulang.

b. Masa Bercocok Tanam


Masa Bercocok Tanam


Perkembangan volume otak menyebabkan cara berpikir manusia purba semakin maju. Pada masa bercocok tanam manusia purba mengembangkan kemampuan bercocok tanan dan betemak. Manusia pada masa ini juga sudah hidup menetap dan tidak berpindah-pindah. Peran pemimpin juga mulai
muncul. Pada masa ini pemimpin dipilih dengan sistem prĂ­mus interpares, yaitu yang utama di antara sesamanya. Manusia pada masa ini juga semakin mahir membuat peralatan yang halus dan memiliki beragam tungsi. Alat yang dihasilkan manusia pada masa bercocok tanam antara lain kapak persegi, kapak lonjong, alat pemukul kulit kayu, gerabah, dan perhiasan.

c. Masa Perundagian
Kehidupan manusia semakin berkembang pesat pada masa perundagian. Masa ini diperkirakan berlangsung bersamaan dengan zaman perunggu. Manusia juga telah mampu mengatur kehidupan. Selain untuk memenuhi kebutuhan, kegiatan ekonomi dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan. Pada masa ini telah dikenal sistem pembagian kerja berdasarkan kemampuan setiap individu, misalnya kelompok petani, pedagang, dan perajin. Peninggalan budaya masa perundagian antara lain nekara perunggu, kapak perunggu, bejana perunggu, arca perunggu, kapak corong, perhiasan, dan.
manik-manik.

Masa Perundagian


Manusia prba pada masa perundagian mampu mengola sumber daya yang ada di alam untuk dijadikan bahan makanann. Cara bertani dengan burhuma mulai berunah menjadi beryani dengan bersawah. Bukti adanya kehidupan bersawah berupa penemuan alat-alat pertanian dari logam seperti bajak.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to " Kehidupan pada Masa Praaksara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel