Sumber Daya Alam Indonesia

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Sejahtera
Ok lasung saja siapa sih yang igin mendapat nilai yang sempurna tentu saja semua menginginkanya tapi semua itu tidak didapat begitu saja bukan? semua butuh usaha dan proses yang panjang, kunci mendapat nilai yang sempurna dalah belajar dengan giat dan ulet, maka dari itu saya disini ingin sedikit membatu proses pembelajaran teman-teman semua dengan sedikit ilmu yang telah saya pelajari sebelumnya dijejajang sekolah.
Pada kesempatan kali saya akan membagikan ilmu sedikit yang telah saya pelajari disekolah semoga saja artikel kali benar-benar bermanfaat utuk teman-teman semua. Langsung saja disimak materinya:


Sumber Daya Alam Indonesia

Indonesia merupakan negara yang luas dan memiliki sumber daya aiam melimpah. Kekayaan sumber daya alam Indonesia dipengaruhi faktor iklim, kondisi geografis, dan letak geologis. Indonesia yang beriklim tropis sangat cocok untuk mengembangkan aktivitas ekonomi di sektor agraris. Kondisi geologis Indonesia yang memungkinkan Indonesia kaya barang tambang. Tidak berlebihan jika Indonesia menjadi negara yang memiliki sumber daya alam melimpah.

Potensi Sumber Daya Alam Hutan


a. Potensi Sumber Daya Alam Hutan
Hutan merupakan salah satu sumber daya alam Indonesia yang bernilai ekonomis tinggi. Hutan menghasilkan kayu dan non kayu. Jenis-jenis kayu hasil hutan Indonesia seperti kayu jati, kruing, eboni, ulinmeranti, dan cendana. Hasil nonkayu seperti damar, rotan, bambu, dan terpentin. Kawasan
hutan yang luas di lndonesia terdapat di Pulau Sumatra, Katimantan, dan Papua. Selain bernilai ekonomis tinggi, hutan bertungsi sebagai penjaga keseimbangan lingkungan (fungsi ekologis). Hutan juga menjadi habitat bertbagail jenis satwa. Hutan merupakan wahana penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, terutama ilmu pengetahuan tentang keanekaragaman hayati.

Potensi Sumber Daya Tambang


b. Potensi Sumber Daya Tambang
Kekayaan tambang Indonesia cukup melimpah. Potensi sumber daya tarmbang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia merupakan masa depan indonesia. Nilai jual sumber daya tambang lebih mahal daripada sumber daya alam lain. Jenis-jenis sumber daya tambang Indonesia sebagai berikut.

1. Minyak bumi dan gas alam. Daerah penghasil minyak bumi antara lain Aceh, Tanjung Pura, Kepulauan Natuna, dan Muara Enim. Cadangan gas alam seperti Arun (Aceh), Bontang (Kalimantan Tirmur), dan Kamojang (Jawa Timur).

2. Batu bara terdapat di daerah Mahakam dan Kalimantan bagian tenggara serta daerah Sumatra seperti di Ombilin dan Bukit Asam.

3. Bauksit terdapat di Pulau Bintan (Riau), Singkawang (Kalimantan Barat), dan Kalimantan Tengah.

4. Pasir besi terdapat di pantai selatan Tasikmalaya (Jawa Barat), Lombok, Pegunungan Veerbek (SulawesiSelatan).

5. Emas terdapat di Timika, Papua, Sambas (Kalimantan Barat), Malinau (Kalimantan Utara), Bengkalis, Logas (Riau), Fejang Lebong (Bengkulu), Gunung Pongkor (Jawa Barat), dan Bolaang  Mongondow (Sulawesi Utara).

Potensi Maritim


c. Potensi Maritim
Luas wilayah perairan Indonesia sekira dua pertiga luas Indonesia sia.Dengandemikian, luasnya perairan tersebut menyebatbkan Indonesia mendapat julukan negara maritim. Wilayah perairan Indonesia yang lebih luas daripada daratan menjadikan indonesia kaya potensi kemaritiman. Potensi kemaritiman lndonesia sebagai berikut.

1) Perikanan
Sumber daya perikanan yang terkandung di perairan Indonesia jumlahnya sangat besar. Potensi ikan di Indonesia bagian barat dan timur berbeda karena perbedaan kedalaman laut. Perairan Indonesia bagian timur lebih dalam daripada di bagian barat. Potensi ikan di lndonesia bagian timur lebih banyak dan kualitasnya lebih baik.

Potensi ikan laut Indonesia yang dimanfaatkan untuk konsumsi masyarakat, misalnya cakalang. layur, tuna, pelagis, demersial, kerang, udang, dan cumi-cumi.

Hasil perikanan Indonesia tidak hanya berasal dari tangkapan nelayan atau perikanan tangkap, tetapi juga berasal dari budi daya perikanan. Daerah-daerah yang dikembangkan untuk budi daya ikan antara lain Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Lampung, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat,
Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Maluku.

2) Tambak Garam
Di indonesia garam tidak hanya dibutuhkan untuk keperluan rumah tangga, tetapi juga industri. Kebutuhan garam dalam kegiatan industri jauh lebih besar dibandingkan penggunaan di bidang lain. Sentra industri garam Indonesia terietak di Cirebon, Pati, Rembang, Gresik, Madura, Bima, dan Jeneponto.

3 Hutan Mangr0ve
Hutan mangrove ditemukan disekitar pesisir atau muara sungai yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Sebagai contoh, di pesisir barat Pulau Sumatra, beberapa bagian pantai utara Jawa, sepanjang pesisir Kalimantan, pesisir Sulawesi, pesisir selatan Papua, dan sejumlah pulaukecil lain. Hasil hutan mangrove dimaníaatkan untuk kayu bakar, bahan membuat arang, bahan membuat kertas, habitat udang, kawasan wisata alam, pencegah abrasi pantai, penahan intrusi (peresapan air laut) penahan angin, serta penurun kandungan gas karbon dioksida dan bahan pencemar di perairan rawa pantai.

Terumbu Karang
Sebagian besar terumbu karang dihasilkan dari koral. Terumbu adalah batuan sedimen kapur di laut. Koral  adalah binatang yang menghasilkan kapur untuk kerangka tubuhnya. Ribuan koral membentuk koloni yang membentuk karang. Manfaat terumbu karang antara lain sebagai pelindung ekosistem pantai yang menahan dan ncegah abrasi dan kerusakan rumah atau tempat tinggal berbagai jenis makimhidup di laut sumber obat-obatan; objek wisata bahari; serta daerah penelitian.

5) Pariwisata
Kondisi perairan Indonesia yang indah menjadi daya tarik untuk objek pariwisata. Alam Indonesia mampu. menarik wisatawan, baik domestik maupunmancanegara. Sektor pariwisata dapat menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat setempat. Sektor pariwisata juga meningkatkan pendapatan nasional.

6) Transportasi
Indonesia merupakan negara kepulauan dengan wilayah luas. Pulau-pulau di Indonesia dihubungkan selat dan laut. Oleh karena itu, transportasi laut seperti kapal feri, sangat penting untuk menghubungkan antarpulau di Indonesia untuk mengangkut barang dan penumpang antarpulau. Layanan Transportasi laut dapat diberdayakan transportasi laut inilah yang dapat menunjang mobilitas penduduk antar wilayah atau pulau.

7) Rumput Laut
Rumput laut yang menjadi komoditas unggulan di pasar internasional dapat tumbuh subur di perairan
Indonesia. Wilayah Indonesia memiliki kemampuan memproduksi rumput laut terutama di indonesia bagian timur. Di Indonesia jenis rumput lautyang dibudidayakan adalah ganggang merah. Tanaman ini temasuk komoditas ekspor unggulan Indonesia.

8) Mutiara
Dearah penghasil mutiara di Indonesia meliputi perairan sekitar pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Sekatan, Maluku, Maluku Utara, dan Papua. Secara garis besar terdapat dua jenis mutiara yaitu mutiara air tawar dan mutiara air laut.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Sumber Daya Alam Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel