Pengertian dan Ciri-Ciri Negara Maju

1. Negara Maju dan Negara Berkembang
Di dunia ini terdapat ratusan negara. Tiap-tiap negara di dunia memiliki potensi sumber daya yang berbeda-beda. Ada negara yang unggul dalampotens sumberdaya alam. Ada pula negara yang unggul dalam potensi sumber daya manusia. Sebuah negara yang mampu mengelola sumber daya dengan baik, penduduknya akan hidup sejahtera dan makmur. Kondisi tersebut menunjukkan karakteristik negara maju.Selain negara maju, terdapatnegara berkembang. Negara berkembang adalah negara yang belummampu mengelola sumber daya dengan baik sehingga sebagian masyarakatnya belum hidup sejahtera.

Negara Maju

Negara maju merupakan suatu negara yang memiliki kualitas penduduk tinggi. Suatu negara dikelompokkan menjadi negara maju apabila mampu mencapai tujuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena jitu, negaramaju dapat ditandai dengan taraf kehidupan masyarakatnya yang relatit tinggi dan kondisi ekonomi merata. Adapun cir-ciri negara maju dan kelompok negara maju di dunia sebagai berikut.

Cir-Ciri Negara Maju
Secara umum ciri-ciri negara maju sebagai berikut.

1. Kondisi Kependudukan
Kondisi kependudukan di negara maju dapat ditinjau dari kualitas dan kuantitas penduduk. Kualitas penduduk negara maju dapat dilihat dari segi kesejahteraan, kesehatan, pendidikan, dan pendapatan penduduk. Penduduk negara maju memilikitingkat pendidikan sangat tinggi karena didukung oleh
kesadaran penduduk terhadap pendidikan tinggi, sarana dan prasarana pendidikan memadai, serta tersedia tenaga pendidik yang berkualitas. Begitu pula pada kondisi kesehatan penduduk di negara maju yang dipengaruhi perkembangan teknologi canggih dalam bidang kedokteran, tenaga medis

Kegiatan Ekonomi Negara Maju, Pengelołaan Sumber Daya Alam Negara Maju


memadai, dan terpenuhinya gizi penduduk. Tingginya tingkat kesehatan penduduk di negara maju menyebabkan tingginya angka harapan hidup dan rendahnya angka kematian penduduk.
Negara maju memiliki tingkat pengangguran sangat rendah dan pendapatan per kapita tinggi. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh faktor berikut.
a) Jumlah lapangan kerja tinggi.
b) Persaingan kerja rendah dan tingkatpertumbuhan penducuk kecil.
c) Negara maju menyediakan lowongan kerja bagi penduduk di negara
berkembang.

Negara maju memiliki jumlah penduduk relatif rendah. Kondisi ini dapat dilihat dari komposisi penduduk di negara maju menggambarkan angka kelahiran enduduk yang sangat rendah sehingga pertumbuhan penduduk rendah. Pertumbuhan penduduk di negara maju rendah dipengaruhi faktor sebagai berikut.
a) Anggapan penduduk di negara maju bahwa anak merupakan beban bagi Orang tua.
b) Kesadaran penduduk mengatur tingkat kelahiran.
c) Sebagian besar perempuan memilih berkarier dari pada menjadi ibu rumah tangga penduduk.

2. Kegiatan Ekonomi
Kegiatan ekonomi di negara maju tidak bergantunğ pada sumber daya alam yang dimiliki. Masyarakat di negara maju melakukan kegiatan ekonomi bervariasi seperti kegiatan industri, jasa, dan perdagangan. Masyarakat negara maju juga melakukan kegiatan ekonomi di bidang agraris. Akan tetapi, kegiatan tersebut didukung penggunaan teknologi canggih sehingga menghasilkan produk berkualitas dan memiliki harga jual tinggi.

3. Penguasaan Ilmu Pengetahtan dan Toknoiogi
Penducuk negara maju memiliki tingkat pendidikan tinggi. Kondisi ini mendorong berkembangnya il
pengetahuan dan teknoiogi (iptek) di negara maju. Perkembangan teknologi mendukung kegiatan masyarakat di negara maju mulai dari bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Kegiatan ekonomi seperti industri memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasi produksinya. Tidak jarang teknotlogi dari negara maju dimantaatkan masyarakat dinegara berkembang.

4. Pengelołaan Sumber Daya Alam
Negara maju mampu mengelola sumber daya alam dengan optimal. Kondisi ini karena didorong beberapa faktor seperti sumber daya manusia barkualitas, menguasai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), dan modal yang memadai. Hasil sumber daya alamd iolah meniadi barang jidi dan diekspor dengan nilai jual lebih tiggi. Hasil olahan alam dari negara maju memilik kontrol dan jaminan mutu tinggi.

Terimakasih buat teman-teman semua telah mengunjungi blog saya yang alakadarnya ini, semoga artikel-artikel yang saya buat ini bisa benar-benar bermanfaat untuk teman-teman semua, apabila banyak kekurangan didalamnya mohon dimaafkan.
Salam Sukses..!!

0 Response to "Pengertian dan Ciri-Ciri Negara Maju"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel